Putra, Alvian Jurdilliawan (2022) Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Dalam Perspektif Etika Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_Cover_ES.pdf Download (105kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_Lembar_Persetujuan_ES.pdf Download (262kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_Lembar_Pengesahan_ES.pdf Download (161kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_Abstrak_ES.pdf Download (70kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_Daftar_Isi_ES.pdf Download (95kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_BAB I_ES.pdf Download (362kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_BAB II_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_BAB III_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_BAB IV_ES.pdf Download (599kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_BAB V_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_Daftar_Pustaka_ES.pdf Download (222kB) |
|
Text
Alvian Jurdilliawan Putra_18383031025_Surat_Keaslian_Tulisan_ES.pdf Download (251kB) |
Abstract
Kata Kunci: Perilaku Kosnsumsi, Etika Konsumsi Islam Perilaku konsumsi merupakan aktivitas sosial tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan bagaimana barang, jasa, ide, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Sedangkan perilaku konsumsi Islam didasarkan atas rasionalitas berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunah. Berdasarkan hal tersebut maka fokus penelitian yang dihasilkan pertama yaitu Bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Madura, kedua bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Madura dalam perspektif rtika konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang digunakan untuk memperoleh hasil dari wawancara, observasi dam dokumentasi yakni dilakukan kepada beberapa informan sebagai objek dari penelitian ini berupa mahasiswa ekonomi syariah. Hasil dari penelitian ini, perilaku konsumsi mahasiswa IAIN Madura terdapat perbedaan antara teori dan dilapangan. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan, dari beberapa konsumsi mahasiswa bukan hanya berdasarkan kebutuhan saja tetapi juga keinginan apalagi dengan adanya media sosial yang berkembang pesat sehingga semakin mempermudah mahasiswa untuk berkonsumsi. Sikap kesederhanaan konsumsi mulai bergeser mengikuti trend. Selain itu, terdapat perilaku konsumsi yang sesuai dengan teori perilaku konsumsi berdasarkan etika konsumsi Islam yakni dengan peduli terhadap kegiatan sosial berupa infaq, shadaqah, dan amal. Dan menjauhi utang apabila tidak memiliki cukup harta untuk berkonsumsi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:59 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4131 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |