Solehah, Dayfiatus (2022) Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Produk UMKM Berp-IRT Di Desa Branta Pesisir Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_COVER_ES.pdf.pdf Download (48kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_Lembar_Persetuan_Pembimbing_ES.pdf.pdf Download (175kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_Lembar Pengesahan_ES.pdf.pdf Download (252kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_Abstrak_ES.pdf.pdf Download (11kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_Daftar_Isi_ES.pdf.pdf Download (71kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_BAB I_ES.pdf.pdf Download (176kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_BAB II_ES.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_BAB III_ES.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_BAB IV_ES.pdf.pdf Download (167kB) |
|
Text
Dayfiarus Solehah_20170703032046_BAB V_ES.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_Daftar_Pustaka_ES.pdf.pdf Download (70kB) |
|
Text
Dayfiatus Solehah_20170703032046_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_ES.pdf.pdf Download (214kB) |
Abstract
Kata Kunci: Minat Beli Konsumen, UMKM, P-IRT Minat beli konsumen merupakan bagian dari komponen perilaku konsumen dalam sikap mengkonsumsi, kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar�benar dilaksanakan. Minat beli konsumen dapat juga dikatakan sesuatu yang timbul setelah menerima rangsangan dari produk yang dilihatnya, dari sana timbul ketertarikan untuk mencoba produk tersebut sampai pada akhirnya timbul keinginan untuk membeli agar dapat memilikinya. Istilah UMKM merujuk pada aktivitas usaha yang didirikan oleh masyarakat, baik berbentuk usaha perorangan maupun badan usaha. P-IRT merupakan izin produksi pangan yang dihasilkan skala industri rumah tangga yang ditetapkan oleh BPOM (badan pengawas obat dan makanan). P-IRT juga menjadi sumber informasi bagi para konsumen agar mereka tahu bahwa produk yang sudah berP-IRT terjamin akan keamanan dan kebersihannya, maka dari itu di masa kini P-IRT menjadi tolak ukur minimal dalam membeli suatu produk pangan. Maka yang menjadi focus dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana cara para pelaku UMKM di Desa Branta Pesisir mendapatkan label P-IRT. Kedua, Bagaimana minat beli konsumen terhadap produk berP-IRT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah petugas dinas Kesehatan Pamekasan, pelaku UMKM dan konsumen sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, cara para pelaku UMKM di Desa Branta Pesisir mendapatkan label P-IRT yaitu dengan mendaftarkan produknya ke kantor dinas Kesehatan Pamekasan atau ke kantor Grapari Telkomsel Pamekasan, dengan membawa persayaratan yaitu KTP, foto copy KK, NPWP jika ada dan yang paling penting yaitu label dari produk yang akan di daftarkan. Kedua, minat beli konsumen terhadap produk berP-IRT yaitu konsumen lebih memilih produk yang sudah berP-IRT alasannya karena mereka lebih merasa aman karena dengan label P-IRT produk yang akan mereka beli sudah terjamin akan keamanan bahan yang digunakan dan kebersihan dari proses produksi produk tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:57 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:57 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4140 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |