Implementasi Teknik Skimming dalam Pembelajaran Membaca Teks Prosedur Siswa Kelas IX di MTS AL – ULA 1 Blumbungan, Pamekasan

Badriyah, Masluhatul (2022) Implementasi Teknik Skimming dalam Pembelajaran Membaca Teks Prosedur Siswa Kelas IX di MTS AL – ULA 1 Blumbungan, Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_Cover_TBIN..pdf

Download (135kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_Lembar Pengesahan_TBIN..pdf

Download (224kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN..pdf

Download (139kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_Abstrak_TBIN..pdf

Download (72kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_Daftar Isi_TBIN..pdf

Download (527kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_BAB I_TBIN..pdf

Download (140kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_BAB II_TBIN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_BAB III_TBIN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_BAB IV_TBIN..pdf

Download (209kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_BAB V_TBIN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_Daftar Pustaka_TBIN..pdf

Download (84kB)
[img] Text
Masluhatul Badriyah_18381072088_Surat_Pernyataan_Keaslian Tulisan_TBIN.pdf

Download (277kB)

Abstract

Kata kunci: Teknik Skimming, Membaca Teks Prosedur Skimming merupakan suatu tindakan untuk mengambil inti sari atau sari pati dari suatu bacaan, jadi skimming disini merupakan proses membaca yang hanya untuk mendapatkan sebuah ide pokok, yang mana ide pokok tidak selalu di awal kalimat melainkan ada di tengah ataupun di akhir kalimat, teknik skimming juga merupakan teknik yang paling tepat di gunakan dalam tahap membaca untuk memahami bacaan dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa proses belajar dan pembelajaran dalam menggunakan teknik skimming pada bacaan teks prosedur pada kelas IX di Mts Al Ula 1 dengan menentukan tiga permasalahan sebagai kajian utama, yaitu: 1) mendeskripsikan perencanaan guru dalam implementasi teknik skimming dalam pembelajaran membaca teks prosedur siswa kelas IX Mts Al Ula 1. 2) mendeskripsikan proses teknik skimming dalam pembelajaran membaca teks prosedur siswa kelas IX Mts Al Ula 1. 3) mendeskripsikan hasil evaluasi implementasi teknik skimming dalam membaca teks prosedur siswa kelas IX Mts Al Ula 1 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti. Seperti guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas IX Mts Al Ula 1 Sumber Batu, Blumbungan Pamekasan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mencatat, mengumpulkan dan mendeskripsikan, serta dicek keabsahan datanya dengan dilakukan perpanjangan keikut sertaan dan triangulasi, sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: pertama, perencanaan guru dalam implementasi teknik skimming membaca teks prosedur siswa kelas IX Mts Al Ula 1 yaitu dengan mempersiapkan RPP. Kedua,proses implementasi teknik skimming membaca teks prosedur siswa kelas IX yaitu dengan cara guru menjelaskandari tahap mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan, yang mana dalam tahap ini guru memberikan penjelasan penuh suapaya peserta didik dapat memahami kegunaan teknik skimming sebagai mana mestinya.Ketiga,hasil evaluasi implementasi teknik skimming dalam membaca teks prosedur siswa kelas IX yaitu guru memberikan soal atau pelatihan kepada peserta didik untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka terhadap penjelasan yang sudah guru jelaskan mengenai teknik skimming dalam membaca teks prosedur meskipun soal yang diberikan terjawab hanya dengan 75%, karena dengan mengetahui hasil guru bisa merasakan sampai mana keberhasilannya dalam mengarahkan penjelasan terhadap peserta didik tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:36
Last Modified: 06 Jun 2023 02:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4269

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item