Penerapan Direct Marketing dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan

Fadmalia, Nabila Nur (2022) Penerapan Direct Marketing dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_Cover_PBS.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_Lembar_Pengesahan_PBS.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_Abstrak_PBS.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_BAB I_PBS.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_BAB IV_PBS.pdf

Download (633kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Nabila Nur Fadmalia_19383022094_Surat_Pernyataan_ Keasliaan_Karya_dan_Persetujuaan Publikasi_PBS.pdf

Download (153kB)

Abstract

Kata Kunci : Penerapan Direct Marketing, Peningkatan Jumlah Nasabah, Tabungan Multiguna Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Sarana Prima Mandiri Pamekasan merupakan suatu lembaga keuangan yang dalam kegiatannya berpedoman pada prinsip syariah, yang memiliki kegiatan berupa menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Disamping itu, menjalin silaturahmi dan menjaga komunikasisangat penting untuk dilakukan agar tercipta suatu hubungan yang baik karena nasabah merupakan prioritas utama penunjang aset suatu lembaga keuangan. Oleh karena itu BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan memilih direct marketing sebagai salah satu strategi pemasaran yang dipilih untuk diterapkan agar hal tersebut dapat terlaksana. Berdasarkan beberapa hal tersebut, maka terdapat dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok yaitu : pertama bagaimana penerapan direct marketing dalam upaya peningkatan jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, kedua bagaimana efektivitas penerapan direct marketing dalam upaya peningkatan jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Bagian Marketing Funding, Customer Service dan nasabah BPRS SPM Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam kegiatan pemasarannya, bentuk-bentuk direct marketing yang digunakan adalah penjualan tatap muka (face to face selling), direct mail, telemarketing dan dari barbagai jenistersebut, penjualan tatap muka (face to face selling) merupakan bentuk direct marketing yang sering digunakan dan paling berpengaruh. Kedua, adanya pengaruh positif serta pendapat yang cukup baik dari nasabah yang disebabkan oleh penerapan direct marketing yang dilakukan BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dalam mempromosikan dan memasarkan produk khususnya tabungan multiguna sehingga membuat jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna ini mengalami peningkatan yang terus meningkat setiap tahunnya dari tahun 2018 sampai dengan 2022. Maka hal tersebut membuktikan Penerapan direct marketing dalam upaya peningkatan jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dapat dikatakan berhasil serta memberikan pengaruh yang positif dan layak untuk tetap diterapkan sebagai strategi pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:49
Last Modified: 07 Jul 2023 01:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4349

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item