Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan

Novianti, Isnaniyah (2022) Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_Cover_PBS.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti _18383022088_Lembar_ Persetujuan _Pembimbing_PBS.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_1838022088_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_Abstrak_PBS.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_BAB I_PBS.pdf

Download (593kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_BAB IV_PBS.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Isnaniyah Novianti_18383022088_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (259kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk Gadai Emas BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan merupakan lembaga keuangan yang membutuhkan strategi pemasaran dalam memasarkan produknya. Pentingnya suatu pemasaran yaitu dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan akan produk jasa. Tujuan dilakukannya strategi pemasaran yaitu untuk memperkenalkan dan mempertahankan produknya dalam rangka menghadapi persaingan antar lembaga keuangan lainnya. Dari penjelasan di atas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu pertama, Bagaimana Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Kedua, Bagaimana Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Gadai Emas (Rahn) di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh oleh peneliti yaitu berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi sumber. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan oleh pihak BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan pada produk gadai emas dalam menerapkan strategi pemasarannya dengan menggunakan Marketing dan STP. Bauran pemasarannya yang menonjol yaitu price yang ditetapkan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan relatif murah. Place BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan yang strategis dekat dengan keramaian sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat. Promotion yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan dengan cara menyebar brosur, sosialisasi, dan melalui media sosial. Yang terakhir Proces produk gadai emas BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan yaitu mudah, cepat, tidak perlu menunggu lama. Selain itu segmentasi nya fokus pada masyarakat kabupaten Pamekasan. Targeting yaitu target pasar pada produk gadai emas adalah semua kalangan masyarakat dan positioningnya yaitu harganya yang relatif murah dan biaya pemeliharaannya dihitung per hari. Peningkatan jumlah nasabah produk gadai emas BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan mengalami fluktuasi terbukti pada tahun 2018-2019 dengan presentase sebesar 46,79%, tahun 2019-2020 dengan presentase 14,8%, dan pada tahun 2020- 2021 dengan presentase sebesar 29,50%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:41
Last Modified: 07 Jul 2023 01:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4376

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item