Ihsani, Maulidatin (2023) Makna Halal pada Iklan Kosmetik Wardah di Channel Youtube Wardah Beauty (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Maulidatun Ihsani_20160802060029_KPI_sampul.pdf Download (119kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (80kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_ABSRTAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160802060029_KPI_BAB III.pdf Download (636kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (142kB) |
|
Text
Maulidatun Ihsani_20160702060029_KPI_keaslian tulisan.pdf Download (70kB) |
Abstract
Kata Kunci: Makna Halal, Iklan, Semiotika Penelitian ini berfokus untuk meneliti makna halal pada iklan kosmetik wardah. Wardah hadir dengan menjadi pionir brand halal yang sampai saat ini dapat mempertahankan kehalalannya. Untuk menujukkan hal itu, pada iklannya wardah menekankan bahwa produk wardah adalah produk yang halal ditunjukkan dengan pengucapan berulang dan hastag halal dari awal, serta label halal yang telah didapat dari MUI. Iklan wardah yang akan diteliti adalah iklan kosmetik wardah yang terdapat pada channel youtube wardah beauty. Rumusan masalah yang dibahas adalah tentang : pertama, apa penanda dan petanda pada iklan kosmetik wardah, kedua bagaimana makna halal pada iklan kosmetik wardah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian Pustaka dengan teori analisis semiotika Roland Barthes, sumber data yang digunakan primer dan sekunder dengan teknik pengumpulam data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada iklan kosmetik wardah pertama ditemukan penanda dan petanda dari iklan yang terdiri dari gambar visual, monolog, ekspresi dan tingkah laku dari model iklan pada setiap scene. Kedua, makna halal pada iklan yaitu dengan menggunakan produk kosmetika yang halal membuat pemakainya merasa lebih aman dan nyaman. Dalam iklan ini halal diartikan sebagai hal yang baik dan membawa kebaikan, serta hastag halal yang muncul di akhir iklan dengan monolog wardah, halal dari awal menunjukkan bahawa wardah sudah mendapatkan sertifikat halall sejak kemunculannya dan dengan memulai dari yang halal kita dapat melakukan kebaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 06:28 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 06:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4422 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |