Strategi Tim Pengembangan Mutu Madrasah (TPM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 3 Pamekasan

Iman, Nurul (2022) Strategi Tim Pengembangan Mutu Madrasah (TPM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_Sampul MPI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_lembar_persetujuan_Pembingbing_MPI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Nurul Iman20170701041144_HALAMAN PENGESAHAN MPI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_ABSTRAK MPI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_DAFTAR ISI MPI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_BAB I MPI.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_BAB II MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_BAB III MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_ BAB IV MPI.pdf

Download (695kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_BAB V MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Nurul Iman_20170701041144_DAFTAR PUSTAKA MPI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Nurul Iman20170701041144_surat_pernyataan_keaslian_karya_da_persetujuan publikasi_MPI.pdf

Download (46kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi tim pengembangan mutu madrasah, mutu pendidikan madrasah Tim Pengembangan Mutu Madrasah merupakan tim ahli yang ada di MTsN 3 Pamekasan berusaha mengembangkan mutu pendidikan sesuai keinginan warga madrasah. Usaha pengembangan mutu madrasah tersebut dilakukan mengingat mutu pendidikan yang dicapai selama ini masih belum sesuai dengan yang diharapkan, baik dari segi proses maupun dari segai hasil. Pada segi proses, penyelenggaraan pendidikan masih belum efektif, karena perhatian, minat, motivasi belajar, dan partisipasi aktif sebagian besar siswa dalam kegiatan pembelajaran masih tergolong rendah. Pada aspek hasil, materi pelajaran yang disampaikan oleh guru masih belum diserap oleh sebagian besar siswa. Pemahaman sebagian besar siswa terhadap materi pelajaran masih tergolong rendah. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar dan tidak tertanamnya perilaku yang baik pada siswa. Permasalahan dalam penelitian ini mencakup (1) strategi Tim Pengembangan Mutu Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MTsN 3 Pamekasan, (2) faktor pendukung dan penghambat Tim Pengembangan Mutu Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MTsN 3 Pamekasan, dan (3)cara mengatasi hambatan Tim Pengembangan Mutu Madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, staf tata usaha, dan komite madrasah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif interaktif. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi tim pengembangan mutu madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MTsN 3 Pamekasan, dilakukan dengan cara menyusun perencanaan, melaksanakan peningkatan mutu pendidikan, melakukan pengawasan dan evaluasi mutu pendidikan, (2) faktor pendukung pengembangan mutu madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MTsN 3 Pamekasan, adalah kekompakan semangat juang tinggi dari semua elemen yang ada di mandrasah, serta sarana dan prasarana yang dimiliki, sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya dana, banyak guru yang masih merangkap mengajar pada madrasah lain, dan sebangian guru lambat dalam melaksanakan tugas, kurang responnya terhadap program yang telah dibuat dan kurang maksimalnyan peran dan fungsi komite madrasah, (3) cara mengatasi hambatan tim pengembangan mutu madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 3 Pamekasan adalah (a) meningkatkan intensif guru, (b) meminta guru menfokuskan diri (c) memberikan pelatihan-pelatihan lokakarya (d) mensosialisasikan program yang telah dibuat secara lebih intens, (e) memberikan tugas dan fungsi komite madrasah secara jelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:19
Last Modified: 12 Dec 2023 08:19
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4564

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item