Kolaborasi Guru BK dan Guru PAI Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Siswa Pasca Belajar Daring Di Era Pandemi Covid-19 DI MA Al-Falah Tlanakan

Shofiatun, Shofiatun (2022) Kolaborasi Guru BK dan Guru PAI Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Siswa Pasca Belajar Daring Di Era Pandemi Covid-19 DI MA Al-Falah Tlanakan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Shofiatun_18381012163_Cover_Pai..pdf

Download (274kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_Lembar Persetujuan_Pai..pdf

Download (116kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_Lembar Pengesahan_Pai..pdf

Download (153kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_Abstrak_Pai..pdf

Download (185kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_Daftar Isi_Pai..pdf

Download (59kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_BAB I_Pai..pdf

Download (432kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_BAB II_Pai..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_BAB III_Pai..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_BAB IV_Pai..pdf

Download (363kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_BAB V_Pai..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_Daftar Pustaka_Pai..pdf

Download (426kB)
[img] Text
Shofiatun_18381012163_Surat_Pernyataan Keaslian Tulisan_Pai..pdf

Download (66kB)

Abstract

Kata Kunci : kolaborasi guru BK dan guru PAI dalam pengembangan karakter disiplin siswa pasca belajar daring di era pandemi covid-19 Disiplin adalah salah satu akhlak terpuji dan disiplin siswa suatu bentuk perilaku yang patuh dan taat terhadap peraturan yang berlaku. Yang terjadi dilingkungan sekolah. Bahwasannya siswa kurang disiplin masuk kelas, masuk jam pelajaran. Pendidikan suatu usaha sadar kegiatan dalam penyampaikan materi kepada peserta didik dan penyampaikan ajaran agama dan dakwah, ajaran, dan memberikan contoh yang baik motivasi, pengetahuan, keterampilan, kebiasaan baik dalam kehidupan dirinya, jiwa yang sadar yang berakhlaqul karimah dan menebarkan kedamaian yang baik kepda peserta didik. Kolaborasi guru BK dan PAI di MA Alfalah Tlanakan pada saat mata pelajaran memberikan penjelasan dan arahan-arahan, sikap spritual itu sebenarnya seperti apa dan sikap akhlak mulia seperti apa. Jadi disaat pelajaran PAI ada guru BK juga mendampingi ikut memberikan penjelasan jadi bukan guru PAI juga saja yang masuk ke dalam kelas untuk memberikan pelajaran tapi guru BK sama-sama membantu mengembalikan sikap karakter siswa dimana sebelum covid ini bisa dibilang cukup baik tapi setelah pandemi covid bisa dibilang menurun. Maka dari itu perlunya guru BK berkolaborasi dengan guru PAI ini untuk mengembalikan karakter siswa tersebut. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru BK guru PAI, guru SKI, guru AQIDAH AKHLAK dan siswa-siswi MA Al-Falah Tlanakan. Sedangkan pengecekan keabsahan data,ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil peneliti menunjukkan bahwa: Pertama kolaboasi guru BK dalam pengembangan karakter disiplin siswa pasca belajar daring untuk memberikan pemahaman yang baik. Selain itu guru pai juga berkerjasama untuk meningkatkan pengetahuan karakter disiplin siswa siswa. Dan guru BK juga bisa membimbingan siswa-siswinya dengan baik. Kedua: dengan faktor pendukung dan faktor penghambat karakter siswa di antaranya kepentingan yang sama, saling pengertian dan tujuan yang sama dan bisa belajar di luar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:57
Last Modified: 11 Dec 2023 04:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4658

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item