Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui latihan Seni Tari Oleh Guru Kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang

Windari, St. (2022) Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui latihan Seni Tari Oleh Guru Kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
St. Windari_ 18381052097_Cover_PGMI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_Abstrak_PGMI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_BAB I_PGMI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_BAB IV_PGMI.pdf

Download (472kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
St. Windari_ 18381052097_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (183kB)

Abstract

Kata Kunci: Percaya Diri, Latihan, Seni Tari Anak disekolah dasar pada usia 6 tahun memiliki problem yang berkaitan dengan rasa kurang percaya diri. Hal ini ditunjukkan dengan sikap ketakutan, keresahan, khawatir, mudah cemas dan tidak tenang jika menghadapi orang dewasa, lebih menutup diri, kurang kasih sayang, sering diremehkan dan dikucilkan, menyebabkan anak lebih cenderung diam sehingga memilih menyendiri dari kelompok yang dianggap lebih dari dirinya. Perasaan mudah putus asa. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu Bagaimana cara peningkatan rasa percaya diri siswa melalui latihan seni tari oleh guru kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang. Kedua yaitu Bagaimana hasil peningkatan rasa percaya diri siswa melalui latihan seni tari oleh guru kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang. Ketiga yaitu Apa saja faktor pendukung dan penghambat peningkatan rasa percaya diri siswa melalui latihan seni tari oleh guru kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari beberapa informan seperti guru dan siswa, sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan pengamatan melalui triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, memberikan peningkatan kepribadian rasa percaya diri pada latihan seni tari, memberikan arahan dalam pelaksanaan latihan seni tari, menyiapkan dua jenis tarian yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru, dan mendampingi proses latihan seni tari untuk mengikuti perlombaaan. Kedua, mempunyai keyakinan akan kemampuan dirinya yang secara sungguh-sungguh dalam hal latihan seni tari, selalu optimis dalam berpandangan baik tentang dirinya dan kemampuannya, bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang telah menjadi konsekuensinya, dan rasional atau realistis. Ketiga, faktor pendukung peningkatan rasa percaya diri siswa melalui latihan seni tari oleh guru kelas 2 SDN Banyuanyar 1 Sampang, memiliki kondisi fisik dan mental siswa yang baik, keaktifan dari seorang guru, tempat latihan tari nyaman dan luas. Adapun faktor penghambatnya yaitu, jumlah siswa yang terlalu banyak, kemampuan siswa yang memang masih sulit untuk menirukan gerakan tari dan sarana prasarana yang terbata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:47
Last Modified: 11 Dec 2023 04:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4680

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item