Penggunaan Media Lidi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas I Di MI DARUL FALAH Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang

Jannah, Miftahul (2022) Penggunaan Media Lidi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas I Di MI DARUL FALAH Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_Cover_PGMI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_ lembar persetujuan _PGMI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050 _ Surat Pengesahan_ PGMI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_ Abstrak_PGMI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_ Daftar_ Isi_PGMI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_ BAB I_PGMI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_ BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_ BAB III _PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050 _ BAB IV_ PGMI.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050 _ BAB V _ PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_ Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Miftahul Jannah _ 18381052050_ KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (159kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Lidi. Pembelajaran Matematika Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik serta mengaktifkan pembelajaran dalam memberi tanggapan dan umpan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik untuk melakukan praktik-praktik dengan benar. Salah satu rendahnya hasil belajar siswa MI Darul Falah Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat disebabkan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan guru, dan belum memahami konsep penjumlahan dan pengurangan. Hal ini terjadi, karena guru hanya menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada guru yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan latihan soal tanpa menggunakan media pendukung. Dan dari observasi itu peneliti merumuskan masalah: Bagaimana aktivitas siswa dalam menggunakan media lidi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I MI Darul Falah ?. Apakah penggunaan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I MI Darul Falah ? Bagaimana Aktivitas Siswa Dalam Penggunaan Media Lidi Yang Dapat Meningkatkan Belajar Matematika Siswa Kelas I MI Darul Falah Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang ? Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subjek penelitian siswa kelas I MI Darul Falah. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Validasi instrument dilakukan melalui expert judstment. Data dianalisis secara kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 75% siswa telah mencapai KKM yaitu 65 dan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus II dalam pengimplementasian pembelajaran menggunakan alat bantu hitung media lidi dapat membantu aktifitas belajar siswa kelas I MI Darul Falah dalam aktifitas belajar menghitung bilangan bulat. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata pada hasil siklus I yaitu (64,4) yang masih masuk kedalam kategori kualifikasi baik sedangkan nilai siswa yang mencapai KKM yakni hanya 8 siswa atau 44,4%. Dan kategori nilai baik berjumlah 9 siswa dengan persentase 50%, sedangkan kategori nilai cukup berjumlah 5 siswa dengan persentase 27,8%, dan kategori nilai kurang berjumlah 4 siswa dengan persentase 22,2%. Nilai rata-rata pada hasil siklus II yaitu (90) yang masuk kedalam kategori kualifikasi “sangat baik”, sedangkan nilai siswa yang mencapai KKM yakni 16 siswa atau 88,9% dan kategori nilai sangat baik berjumlah 11 siswa dengan persentase 61,1 %, sedangkan kategori nilai baik berjumlah 5 siswa dengan persentase 27,8%, dan kategori nilai cukup berjumlah 2 siswa dengan persentase 11,1%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:18
Last Modified: 11 Dec 2023 04:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4702

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item