Korelasi Antara Kemampuan Membaca Dengan Menulis Siswa Kelas 2 Di SDN Cangkreng I Lenteng Sumenep

Salsabila, Salsabila (2022) Korelasi Antara Kemampuan Membaca Dengan Menulis Siswa Kelas 2 Di SDN Cangkreng I Lenteng Sumenep. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Salsabila_19381052114_Cover_PGMI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_Abstrak_PGMI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_BAB I_PGMI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_BAB IV_PGMI.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_Daftar_Rujukan_PGMI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Salsabila_19381052114_Pernyataan Keaslian_PGMI.pdf

Download (259kB)

Abstract

Kata Kunci: Korelasi, Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis. Berdasarkan definisi antara menulis dan membaca memiliki makna yang berbeda sehingga secara lebih khusus menulis dan membaca adalah suatu kegiatan yang berbeda, namun sebenarnya kemampuan membaca dan menulis ini memiliki dampak terhadap pembelajaran. Dapat kita lihat bahwa seorang anak agar berhasil naik ke tingkat selanjutnya. Tentu, anak tersebut harus menguasai pelajaran yang diberikan sebelumnya dengan kemampuan yang mereka miliki yakni kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Sehingga kemampuan membaca dan menulis menjadi suatu kemampuan dasar yang saling terikat atau terhubung. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama adakah korelasi antara kemampuan membaca dengan menulis Siswa kelas 2 di SDN Cangkreng I Lenteng Sumenep?. Kedua Seberapa besar korelasi antara kemampuan membaca dengan menulis Siswa kelas 2 di SDN Cangkreng I Lenteng Sumenep?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian korelasi (Corelation Research) dengan populasi siswa kelas 2 di SDN Cangkreng I Lenteng Sumenep sebanyak 22 siswa. Sampel di ambil menggunakan teknik sampel jenuh. Instrument tes yang digunakan peneliti dalam penelitian ini. Hasil Penelitian ini Menunjukkan bahwa: Pertama, Hasil penelitian menunjukkan perolehan indeks koefesien korelasi rhitung anatar (variabel x) kemampuan membaca dengan (variabel y) kemampuan menulis yakni sebesar 0,943. Dalam menggunakan taraf signifikan penelitian ini sebesar 5% yaitu 0,444. Apabila di bandingkan maka rhitung 0,943>rtabel 0,444 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifkan atara kedua variabel tersebut. Dimana semakin tinggi kemampuan membaca maka akan di ikuti dengan kemampuan menulis yang tinggi juga Kedua data yang diperoleh kemudian di olah menggunakan SPSS yakni dengan uji R Square sehingga diperoleh kesimpulan bahwa besar pengaruh Variabel bebas yakni kemampuan membaca berpengaruh sebesar 88,3% terhadap variabel terikat yaitu kemampuan menulis. Sedangkan sisanya sebesar 11,7% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:31
Last Modified: 11 Dec 2023 04:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4714

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item