Pemanfaatan Metode Game Dalam Materi Teks Eksplanasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Pakong 2 Pamekasan

Rahmawati, Mifta Eka (2023) Pemanfaatan Metode Game Dalam Materi Teks Eksplanasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Pakong 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mifta Eka Rahmawati _19381072166_Cover_TBIN.pdf.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_ Lembar Pengesahan_TBIN.pdf.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_Abstrak_TBIN.pdf.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_Daftar_Isi_TBIN.pdf.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_BAB I_TBIN.pdf.pdf

Download (497kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_BAB II_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
Mifta eka rahmawati_19381072166_BAB III_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_BAB IV_TBIN.pdf.pdf

Download (526kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_BAB V_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Mifta Eka Rahmawati_19381072166_ Surat_ Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TBIN.pdf.pdf

Download (56kB)

Abstract

Kata kunci: Metode Game, Teks Eksplanasi Metode game adalah metode pembelajaran Bermain perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Pada penelitian ini peneliti menyimak dan menerapkan pemanfaatan metode game dalam teks eksplanasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Pakong 2 Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut ada 3 fokus penelitian yang peneliti lakukan. Pertama, Bagaimana pemanfaatan metode game dalam materi teks eksplanasi pada prapembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Pakong 2 pamekasan? Kedua, Bagaimana penggunaan metode game pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Pakong 2 Pamekasan? Ketiga, Bagaimana dampak dari pemanfaatan penggunaan metode game pada pascapembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN pakong 2 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dengan teknik pegumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di SDN Pakong 2 Pamekasan, subjek penelitian adalah guru dan siswa sedangkan informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutasertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti menunjukkan bahwa hasil penelitian pemanfaatan motode game pada prapembelajaran merupakan langkah awal guru untuk merencanakan persiapan pembelajaran dengan baik seperti media pembelajaran, rpp. Dengan diterapkannya pemanfaatan metode game ini, maka tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti menunjukkan bahwa pemanfaatan motode game pada pembelajaran merupakan suatu kegiatan pembelajaran di kelas untuk merangsang stimulus siswa agar siswa tidak jenuh dalam menyimak materi yang disampaikan oleh guru. Metode game ini, merupakan metode pembelajaran yang menggunakan tehnik permainan sehingga dapat menimbulkan keceriaan dan kebahagiaan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini bertujuan agar fokus siswa dapat terfokuskan pada pembelajaran yang dilakukan didalam kelas. Peneliti mendapatkan hasil saat observasi akhir pada pascapembelajaran bahwasanya mayoritas siswa didalam kelas mampu menjawab pertanyaan atapun soal-soal yang telah disiapkan, hal ini menyatakan bahwa dari awal pembelajaran pada penerapan pemanfaatan metode game ini siswa sudah memiliki motivasi baik secra intrinsik maupun ekstrinsik yang tinggi dalam belajar karena seperti pada tujuan awal dari penerapan pemanfaatan metode ini yakni membangun rasa kebagaian dan kecerian dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:36
Last Modified: 11 Dec 2023 04:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4752

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item