Mutammamah, Rida (2023) Representasi Citra Indonesia dalam Video Youtube (Analisis Semiotika Pesan Komunikasi dalam Tayangan “Wonderland Indonesia I” Channel “Alffy Rev”). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
COVER.pdf Download (60kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN SCAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (420kB) |
|
Text
BAB II METOPEN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
BAB III PEMBAHASAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (262kB) |
|
Text
Pernyataan asli tulisan.pdf Download (188kB) |
Abstract
Kata Kunci: Citra Indonesia, Semiotika, Komunikasi, Wonderland Indonesia. Seiring berkembangnya zaman dan maraknya budaya asing yang sering disalahartikan, maka budaya di negeri tercinta juga sudah semakin dilupakan. Wonderland Indonesia hadir sebagai karya anak bangsa yang merepresentasikan keindahan negara Indonesia. Video tersebut diciptakan untuk mengembalikan rasa cinta tanah air dan bangga dengan negaranya sendiri, khususnya bagi kalangan generasi muda. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah yaitu pesan komunikasi yang terkandung dalam video Wonderland Indonesia I. Rumusan masalah berikutnya berupa tanggapan khalayak terhadap karya tersebut. Dilihat dari jumlah suka, komentar, penayangan, dan sejauh mana digunakannya video Wonderland Indonesia I. Serta rumusan masalah terakhir yaitu representasi citra Indonesia dalam tayangan wonderland Indonesia karya Alffy Rev. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis analisis konten. Sumber data dalam penelitian ini adalah tayangan dalam setiap menit dan juga lagu-lagu yang terdapat di dalam video Wonderland Indonesia karya Alffy Rev. Adapun data dalam penelitian ini adalah tangkapan layar dari tayangan yang menjadi simbol dan terkandung pesan komunikasi di dalamnya. Hasil pembahasan dari rumusan masalah di atas yang pertama yaitu pesan komunikasi didalamnya ada komunikasi non-verbal, hal itu terdapat pada setiap scene dalam tayangannya dan komunikasi verbal terletak pada nyanyian dan lagunya. Penelitian ini juga mengandung komunikasi massa karena merupakan karya di salah satu media massa. Untuk tanggapan khalayak yang didapatkan dari hasil penelitian ini yaitu dilihat dari jumlah suka, penayangan, dan komentar yang mayoritas memberikan tanggapan positif. Bahkan pada awal launching video tersebut menduduki trending 1 di YouTube selama video itu baru tayang yang diperbarui selama 15 menit dan itu bertahan selama 5 hari. Sedangkan hasil pembahasan terakhir yaitu representasi citra Indonesia dengan menggambarkan kekayaan alamnya seperti dalam dongeng, dan keberagaman budaya, adat, serta tradisi tapi dengan keberagaman tersebut bangsa Indonesia tetap hidup rukun dan menjunjung tinggi nilai toleransi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 01:56 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 01:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4896 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |