Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasisi Syariah) dalam Meningkatkan Minat Anggota di BMT NU Cabang Kadur

Lufiana, Agustina Maulidya (2023) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasisi Syariah) dalam Meningkatkan Minat Anggota di BMT NU Cabang Kadur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_ 19383022155_Cover_PBS.pdf.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Lembar Persetujuan_PBS.pdf.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Lembar Pengesahan_PBS.pdf.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_ 19383022155_ Abstrak_PBS.pdf.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Daftar Isi_PBS.pdf.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_193830221555_Bab 1_PBS.pdf.pdf

Download (696kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Bab 2_PBS.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Bab 3_PBS.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Bab 4_PBS.pdf.pdf

Download (751kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Bab 5_PBS.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Daftar Pustaka_PBS.pdf.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Agustina Maulidya Lufiana_19383022155_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kata Kunci :Strategi Pemasaran, Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah), BMT NU Strategi pemasaran merupakan tindakan terukur dengan tujuan agar produk dalam sebuah perusahaan dikenal oleh masyarakat luas. Strategi pemasaran juga merupakan awal dari langkah bisnis yang bertujuan untuk menarik minat konsumen untuk membeli suatu produk. Strategi pemasaran juga dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu startegi pemasaran sangatlah penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan adanya startegi pemasaran perusahaan dapat melayani seluruh konsumen dengan kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Fokus dalam penelitian ini ada dua, yaitu : pertama: Bagaimana Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) dalam Meningkatkan Minat Anggota di BMT NU Cabang Kadur, kedua :Bagaimana Perilaku Anggota Sebagai Konsumen dalam Menggunakan Produk Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) di BMT NU Cabang Kadur. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualittatif dengan jenis penelitian deskriptif berupa kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala cabang, staf pembiayaan LASISMA, admin BMT NU Cabang Kadur, dan beberapa anggota LASISMA. Objek penelitian yang digunakan yaitu di BMT NU Cabang Kadur. Hasil penelitian pertama yaitu dengan adanya strategi pemasaran yang terarah dapat membantu memudahkan perusahaan dalam menarik minat anggota, yaitu dengan cara menggunakan startegi bauran mix syariah 4P(product/produk, price/harga, place/tempat, promotion/promosi). Dengan menyesuaikan produk pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) dengan kebutuhan masyarakat menengah kebawah dalam mengembangkan usahanya, sehingga adanya produk pembiayaan ini sangat cocok dengan kebutuhan masyarakat. Kemudian menetapkan strategi harga dengan jasa seikhlasnya yang disepakati bersama antara perusahaan dengan anggota sehingga produk ini tidak memberatkan anggota yang ingin melakukan pembiayaan LASISMA. Dan ddukung oleh tempat atau lokasi kantor BMT NU Cabang Kadur yang sangat startegis dan berada di jalan raya Kadur dekat dengan pasar, sehingga mampu menarik minat masyarakat untuk menngunakan produk yang ada di BMT NU Cabang Kadur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anggota. Kemudian BMT NU Cabang Kadur juga melakukan promosi melalu media online atau offline. Hasil yang kedua menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam menggunakan produk LASISMA disebabkan oleh beberapa faktor, seperti halnya kebutuhan, lingkungan, kelas sosial dan budaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:55
Last Modified: 22 Mar 2024 02:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5237

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item