Pengaruh Persepi dan Kepuasan Terhadap Keputusan Mahasiswa FEBI IAIN Madura Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia

Arifin, Alfan Firdauzi (2023) Pengaruh Persepi dan Kepuasan Terhadap Keputusan Mahasiswa FEBI IAIN Madura Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_Cover_PBS.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_ Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_Abstrak_PBS.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_BAB I_PBS.pdf

Download (662kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_BAB IV_PBS.pdf

Download (921kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Alfan Firdauzi Arifin_ 19383021103_ Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (165kB)

Abstract

Kata Kunci: Mobile Banking, Persepsi dan Kepuasan Pesatnya perkembangan teknologi telah mempengaruhi berbagai perusahaan, tak terkecuali lembaga dibidang keuangan (perbankan). Kemajuan teknologi oleh lembaga perbankan diwujudkan dalam perkembangan electronic banking atau yang dikenal dengan layanan e-banking. Salah satu produk layanan e-banking adalah mobile banking. Mobile banking merupakan sebuah fasilitas dari bank dalam era modern ini yang mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi. Layanan yang terdapat pada mobile banking meliputi pembayaran, transfer, history dan lain sebagainya. Persepsi merupakan proses individu (konsumen) memilih, mengorganisasi dan menginterpretasi (memaknai) masukan-masukan informasi yang dapat menciptakan gambaran objek yang memiliki kebenaran subjektif (bersifat personal), memiliki arti tertentu, dapat dirasakan melalui perhatian. Sedangkan kepuasan diartikan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja atau hasil yang dirasakan (layanan yang diterima dan dirasakan) dengan yang diharapkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Apakah persepsi berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa FEBI IAIN Madura dalam menggunakan Mobile Banking BSI. 2) Apakah kepuasan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa FEBI IAIN Madura dalam menggunakan Mobile Banking BSI. 3) Apakah persepsi dan kepuasan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa FEBI IAIN Maduran dalam menggunakan Mobile Banking BSI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa. Variabel persepsi (X1) memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 > 0,05. Sementara itu nilai t hitung 7,100 > t tabel 1,986. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa (Y). 2) Kepuasan memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa. Variabel kepuasan (X2) memiliki nilai signifikansi 0.000 > 0,05. Sementara itu nilai t hitung 6,287 > t tabel 1,986. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa (Y). 3) Persepsi dan Kepuasan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa FEBI IAIN Madura dalam menggunakan Mobile Banking BSI, dengan F hitung 330,340 > F tabel 3,093 dan tingkat signifikansi 0,000. Uji determinasi menunjukkan angka atas nilai R square sebesar 0,877 atau 87,7%. Dari olah data tersebut menghasilkan besar pengaruh variabel persepsi dan kepuasan terhadap variabel keputusan mahasiswa menggunakan Mobile Banking BSI sebesar 87,7% dan sisanya 12,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:55
Last Modified: 22 Mar 2024 02:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5239

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item