Analisis Loyalitas Pelanggan pada Merdeka Tailor Pamekasan

Suryani, Kurnia Nurman (2023) Analisis Loyalitas Pelanggan pada Merdeka Tailor Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_Cover_ES.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_Lembar Pengesahan_ES.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_Abstrak_ES.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_Daftar Isi_ES.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_BAB I_ES.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_BAB II_ES-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_BAB IV_ES.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_Daftar Pustaka_ES-1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Kurnia Nurman Suryani_19383032133_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_ES.pdf

Download (122kB)

Abstract

Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Fashion, Kepuasan. Dalam industri fashion di era global saat ini, masyarakat memilih untuk membeli pakaian jadi hasil produksi industri fast fashion karena dinilai lebih efisien dari segi waktu dan harga. Selain itu, juga karena produk fast fashion dapat dijumpai dimana-mana dan telah menyebar ke seluruh wilayah. Fast fashion menimbulkan persaingan ketat dalam industri mode dan hal-hal yang terkait di dalamnya. Oleh karena itu, pemilik usaha yang usahanya berkaitan dengan dunia mode harus mempunyai strategi yang tepat agar usahanya dapat terus bertahan. Merdeka Tailor adalah salah satu usaha jahit di Pamekasan yang masih terus beroperasi hingga saat ini. Berbeda dengan tailor lain, Merdeka Tailor Pamekasan hanya melayani jasa jahit untuk pakaian pria saja namun tetap tidak pernah sepi pelanggan. Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana loyalitas pelanggan pada Merdeka Tailor Pamekasan terbentuk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Merdeka Tailor Pamekasan dan pelanggan Merdeka Tailor Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Loyalitas pelanggan pada Merdeka Tailor Pamekasan terbentuk karena kepuasan, pembelian berulang, ikatan emosi, dan rekomendasi kepada orang lain dari mulut ke mulut, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan adalah kualitas produk dan konsistensi dalam mempertahankan kualitas produk, (3) Faktor-faktor yang memepengaruhi pembelian berulang adalah kualitas produk, kepuasan, dan konsistensi dalam mempertahankan kualitas produk, (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi ikatan emosi adalah kepuasan dan pengalaman positif dengan Merdeka Tailor Pamekasan, (5) Faktor-faktor yang mempengaruhi rekomendasi kepada orang lain dari mulut ke mulut dikategorikan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu pengalaman dari pembelian sebelumnya dan kepuasan. Faktor eksternal yaitu permintaan rekomendasi atau pertanyaan tentang suatu produk baik berupa barang atau jasa dari orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:56
Last Modified: 27 Mar 2024 02:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5336

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item