Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Melatih Sosial Emosional Anak Di RA Al Hidayah Moncek Timur Lenteng Sumenep

Romlah, Romlah (2020) Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Melatih Sosial Emosional Anak Di RA Al Hidayah Moncek Timur Lenteng Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
COVER - ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (255kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN - ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (176kB)
[img] Text
PENGESAHAN ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK - ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I - ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II - ROMLAH 20160701060056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB III - ROMLAH 20160701060056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV - ROMLAH 20160701060056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V - ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (157kB)
[img] Text
KEASLIAN TULISAN ROMLAH 20160701060056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Metode main peran, Kemampuan Sosial emosional anak usia dini Bermain peran adalah metode pengembangan yang efektif dimana seseorang memerankan karakter orang lain dan mencoba berfikir/berbuat dengan cara/sudut pandang sosok yang diperankannya. Bermain peran memberikan contoh alamiah terhadap perilaku manusia yang riil dan dapat digunakan oleh anak untuk menyadari perasaan mereka dan membangun perasaan, persepsi dan sikap. Adapun fokus penelitian atau rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran metode bermain peran dalam melatih perkembangan sosial emosional anak di RA Al Hidayah, apa saja faktor pendukung implementasi metode bermain peran dalam melatih perkembangan sosial emosional anak di RA Al Hidayah, dan apa saja faktor penghambat implementasi metode bermain peran dalam melatih perkembangan sosial emosional anak di RA Al Hidayah Moncek Timur Lenteng Sumenep Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mengungkapkan dan mendiskripsikan fokus penelitian melalui pengamatan yang mendalam pada situasi yang wajar dan alamiah, para siswa RA Al Hidayah sebagai objek utama dalam penelitian ini, dan sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, serta guru RA Al Hidayah, adapun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penilitian ini adalah dengan dua cara yaitu Pertama, dengan cara menyeleksi atau mengelompokkan data, Kedua, dengan cara memaparkan atau mendiskripsikan data. Pelaksanaan pembelajaran metode bermain peran dalam melatih perkembangan sosial emosional anak di RA Al Hidayah Moncek Timur Lenteng Sumenep yaitu Bermain peran dilakukan menggunakan metode bermain peran mikro dan bermain peran dilakukan menggunakan metode bermain peran makro Faktor pendukung implementasi metode bermain peran dalam melatih perkembangan sosial emosional anak di RA Al Hidayah diantaranya yaitu media pembelajaran yang efektif, tekhnik mengajar guru yang menarik dan antusias peserta didik. Faktor penghambat implementasi metode bermain peran dalam melatih perkembangan sosial emosional anak di RA Al Hidayah yaitu tidak adanya tempat khusus atau sentra untuk bermain peran, a da beberapa siswa y ang kurang minat untuk ikut serta dalam bermain peran dan t erbatasnya waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71K ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:01
Last Modified: 29 Jan 2021 03:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/536

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item