Manajemen Pemasaran Bank Syariah Indonesia (KCP Trunojoyo 1 Sumenep)

Bari, Moh. Sofwatul (2023) Manajemen Pemasaran Bank Syariah Indonesia (KCP Trunojoyo 1 Sumenep). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_Cover_PBS.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_Halaman_Persetujuan_PBS.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_Halaman_Pengesahan_PBS.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_Abstrak_PBS.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_BAB I_PBS.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_BAB IV_PBS.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Moh Sofwatul Bari_19383021190_Keaslian Karya_PBS.pdf

Download (101kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen pemasaran, Strategi, Buaran Pemasaran, Analisis SWOT. Manajemen pemasaran merupakan kegiatan untuk merencanakan, menindak, mengawasi, dan mengevaluasi segala hal yang ada hubungannya dengan proses mengenalkan produk dan jasa kepada konsumen dan masyarakat luas. Terdapat dua fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana manajemen pemasaran Bank Syariah Indonesia dalam perspektif bauran pemasaran, kedua, bagaimana analisis kesenjangan Bank Syariah Indonesia dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, serta pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Bauran pemasaran yang di lakukan oleh BSI KCP Trunojoyo 1 Sumenep dalam produknya adalah menawarkan produk yang memiliki kualitas dan memiliki kegunaan atau manfaat yang sangat besar. Memberikan Harga pada produk atau jasa yang sangat terjangkau dan relatif murah. Tempat pemasaran yang bisa di akses dengan sangat mudah dan nyaman, dan juga memiliki akses ke bebrbagai lokasi bisnis. BSI KCP Trunojoyo 1 Sumenep juga mempromosikan perusahaan dan produknya melalui media cetak seperti brosur atau banner, dan juga menggunakan media sosial seperti Instagram. 2). Analisis SWOT pada BSI KCP Trunojoyo 1 Sumenep memiliki kekuatan untuk menghadapi persaingan dengan sumber pendanaan yang besar, citra perusahaan yang telah dikenal utamanya pelaku UMKM, harga yang bersaing dengan pesaing lainnya dan juga terus melakukan inovasi dan terobosan baru. Kelamahannya adalah fasilitas pelayanan yang masih belum optimal dan masih minimnya kualitas SDM dan tenaga ahli yang dimiliki, akan tetapi peluang yang dimiliki juga sangat besar, seperti pasar yang akan di kuasai, dan penggunaan digital banking sebagai media pelayanan yang memudahkan nasabah. Ancaman yang akan dihadapi berupa pengetahuan masyarakat mengenai bank syariah dan juga kuatnya peran bank konvensional dalam kehidupan masyarakat, bank syariah juga harus melakuakan pembaruan media digital dalam persaingan bisnis seperti sekarang yang sudah menggunakan tekhnologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:53
Last Modified: 24 Apr 2024 02:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5364

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item