Relevansi Konsep Pasar Al-Ghazali dengan Mekanisme Pasar Digital

Umam, Izzul (2023) Relevansi Konsep Pasar Al-Ghazali dengan Mekanisme Pasar Digital. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Izzul Umam_10383031100_Cover_ES.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Izzul Umam_19383031100_Abstrak_ES.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_BAB I_ES.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_BAB IV_ES.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_Daftar Pustaka_ES.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Izzul Umam_10383031100_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_ES.pdf

Download (233kB)

Abstract

Kata Kunci : Al-Ghazali, Konsep Pasar, Pasar Digital, Relevansi Pasar Dewasa ini perkembangan teknologi begitu pesat yang memberikan dampak nyata bagi kehidupan manusia. Di zaman yang serba canggih seperti saat ini memungkinkan para pelaku ekonomi beralih pada sistem digital melalui jaringan internet, dimana transaksi jual-beli tidak lagi dilakukan secara tatap muka langsung, melainkan melalui media online. Dalam islam jual-beli termasuk kedalam salah satu jenis dari muammalah yang diatur dalam islam. Salah satu tokoh pemikir islam yang masyhur yakni al-Ghazali. Dalam kitab karangannya yang berjudul Ihya’ Ulumuddin, al-Ghazali menjabarkan secara rinci mengenai peranan aktivitas perdagangan dan timbulnya pasar yang harganya bergerak sesuai dengan kekuatan permmintaan dan penawaran. Bagi al-Ghazali, pasar adalah bagian dari “keteraturan alami.” Berdasarkan pemaparan diatas, terdapat dua pokok permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana pemikiran al-Ghazali tentang konsep pasar; kedua, bagaimana relevansi konsep pasar al-Ghazali dengan mekanisme pasar digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Sumber data yang digunakan adalah data primier yang diambil dari kitab al-Ghazali yakni Ihya’ Ulumuddin dan data sekunder yang berasal dari berbagai literatur yang masih memiliki kaitannya dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam pandangan al�Ghazali pasar merupakat tempat bertemunya penjual dan pembeli melakukan transaksi untuk memenuhi kebutuhan manusia (secara proporsional) sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan kesejahteraan antar sesama, saling membutuhkan, berkasih sayang, dan mencari kemuliaan tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat, dengan menitik beratkan jalan tengah dan kebenaran niat seseorang dalam setiap tindakan. Bila niatnya sesuai dengan aturan ilahi (amar ma’ruf dan nahi munkar), aktifitas ekonomi tersebut akan dapat bernilai ibadah. kedua, dalam penelitian ini konsep pasar al-Ghazali yang dapat dinilai masih relevan dengan mekanisme pasar digital yaitu dapat dilihat dari segi distorsi pasar (penipuan/tadlis, ketidak jelasan/gharar, fake order/bai najsy)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 03 Apr 2024 00:52
Last Modified: 03 Apr 2024 00:52
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5413

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item