Persaingan Bisnis Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Toko Kelontong Di Desa Aengsareh Kecamatan Sampang

Arifin, Syamsul (2022) Persaingan Bisnis Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Toko Kelontong Di Desa Aengsareh Kecamatan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_COVER_ES.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_ES.pdf

Download (105kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_LEMBAR PENGESAHAN_ES.pdf

Download (495kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_ABSTRAK_ES.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383032190_DAFTAR ISI_ES.pdf

Download (109kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_BAB I_ES.pdf

Download (284kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_BAB IV_ES.pdf

Download (415kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_DAFTAR PUSTAKA_ES.pdf

Download (242kB)
[img] Text
SYAMSUL ARIFIN_18383031190_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA_ES.pdf

Download (238kB)

Abstract

Kata Kunci : Toko Kelontong, Persaingan Bisnis, Etika Bisnis Islam Toko kelontong merupakan salah satu bisnis yang diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, hal ini dikarenakan kemudahan dalam pengelolaan dan besarnya keuntungan yang dihasilkan, sehingga membuat banyak orang membuka bisnis di bidang ritel tersebut, akan tetapi dengan semakin banyaknya jumlah pengusaha, menimbulkan persaingan yang ada semakin sulit, sehingga diperlukan strategi dan pengelolaan yang matang agar dapat tetap bertahan, islam telah mengatur sedemikian rupa mengenai persaingan dalam berbisnis dalam etika bisnis Islam. Berdasarkan permasalahan tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana persaingan bisnis Toko kelontong Sampang. Kedua Bagaimana strategi persaingan bisnis Toko kelontong. Ketiga, Bagaimana persaingan bisnis dan strategi Toko kelontong di Desa Aengsareh Kecamatan Sampang dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari wawancara. Wawancara yang digunakan yaitu jenis wawancara semi struktur. Informanya adalah para pemilik toko kelontong dan pembeli. Hasil dari penelitian ini yaitu :Pertama, keadaan persaingan toko kelontong terbilang berat hal ini dikarenakan banyaknya jumlah toko kelontong dengan konsep penjualan yang sama dalam jarak berdekatan, Kedua Strategi persaingan bisnis yang diterapkan oleh pedagang di Desa Aengsareh dikategorikan persaingan sehat dan strategi yang diterapkan bervariasi mulai dari Memperbaiki kualitas pelayanan, Memastikan ketersediaan barang, Menyesuaikan barang dagangan dengan kondisi pasar, Tidak mempermainkan harga (harga kompetitif), Menjual produk terbaru yang belum dimiliki oleh kompetitor dan memanfaatkan tempat yang strategis. Ketiga, persaingan yang ada lebih memilih fokus pada pelayanan. Dan berdasarkan strategi yang diterapkan oleh para pedagang, tidak ditemukannya segala hal yang melanggar prinsip etika bisnis Islam,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:23
Last Modified: 24 Jun 2024 08:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5445

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item