Strategi Marketing Mix Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan,

Dayanti, Sisilia Dwi (2023) Strategi Marketing Mix Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan,. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_cover_PBS.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (504kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_Abstrak_PBS.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_BAB I_PBS.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_BAB IV_PBS.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Silsilia Dwi Dayanti_19383022085_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persutuan Publikasi_PBS.pdf

Download (639kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, Marketing Mix, Tabungan Mudharabah (tabah) Tujuan penelitian ini adalah bagaimana BMT dengan mudah mendapatkan anggota, sehingga perlu kiranya untuk cara BMT lebih meyakinkan para anggota untuk menjadi bagian anggota tetap dengan adanya strategi marketing tersebut. akan tetapi sempat ada keluhan dari anggota dalam penjemputan tabungan dan sedikit ada kelalaian dari pihak karyawan. disitulah mayoritas masyarakat enggan untuk menabung lagi. Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan perusahaannya dipasar sasaran. Bauran pemasaran adalah sebuah peta ide dari strategi pemasaran yang perlu difikirkan oleh perusahaan untuk mewujudkan strategi pemasaran pembeda yang telah ditentukan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan pengecekan keabsahan data yang dilakukan melalui metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Strategi marketing mix pada produk tabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan telah menerapkan konsep 4P: product (produk), price (harga) Harga yang ditetapkan dalam produk tabungan mudharabah (tabah): Membayar administrasi pembukaan tabungan, Tabungan awal Rp. 10.000,- untuk selanjutnya minimal Rp.3.000, Untuk tabungan mudharabah mendapatkan bagi hasil 40% dari SHU. promotion (promosi) Untuk mempromosi produk BMT dengan dilakukan dengan melalui brosur, menyebarkan pamflet di media social, website dan terjun lapangan. place (tempat) yang harus dipilih strategis, selalu ramai di hari aktif, tempat akses aman. 4P Produk (Product) Produk tabungan yang dipakai oleh BMT merupakan tabungan mudharabah. Tabungan mudharabah itu penarikannya bisa dilakukan kapan saja dan memperoleh keuntungan bagi hasil 40%. 2). Analisis kesenjangan pada penerapan strategi di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Perkembangan pengguna tabungan mudharabah setiap tahunnya semakin pesat Mempermudah anggota menabung yaitu dengan jemput bola. Ada kesalahan teknis, namun bisa teratasi dengan mengkonfirmasi ualang kepada karyawan. Proses yang dilakukan oleh BMT NU yaitu sudah semaksimal mungkin, namun bagi anggota jika ada keterlambatan masalah waktu penjemputan anggota harap untuk memakluminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:57
Last Modified: 26 Apr 2024 06:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5515

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item