Dampak Self Regulated Learning Dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di MAN 1 Pamekasan

Nia, Riqqotun (2023) Dampak Self Regulated Learning Dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381092037_SAMPUL.pdf

Download (11kB)
[img] Text
20381092037_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
20381092037_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
20381092037_ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
20381092037_DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
20381092037_BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
20381092037_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
20381092037_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
20381092037_BAB IV.pdf

Download (307kB)
[img] Text
20381092037_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
20381092037_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
20381092037_KEASLIAN TULISAN-1.pdf

Download (106kB)

Abstract

KataKunci:SelfRegulatedLearning,LingkunganBelajar,Prokrastinasi Akademik Penelitian ini dilator belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang atau tidak memiliki regulasi diri atau Self Regulated Learning yang baik sehingga hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah belajar contohnya prokrastinasiakademik,selainkurangnyaregulasidiriyangbaiklingkunganbelajar sepertilingkungankeluargadanlingkunganpertemananyangseringmenjadisalah satu faktor yang melatar belakangi siswa melakukan prokrastinasi akademik. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat 3 fokus penelitian yang menjadi pokokdalampenelitianini,yaitu:Pertama,Bagaimanadampakdariselfregulated learning dan lingkungan belajar terhadap terjadinya perilaku prokrastinasi akademik siswa di MAN 1 Pamekasan, Kedua, Bagaimana Gambaran Perilaku ProkrastinasiAkademikdiMAN1Pamekasan, Ketiga,Apaupaya yangdilakukan guru Bk untuk mengatasi perilaku Prokrastinasi Akademik siswa di MAN 1 Pamekasan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang.Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, gambaran perilaku prokrastinasi akademik yang di lakukan oleh siswa di MAN 1 Pamekasan yaitu tidakmengerjakantugas,terlambatmengumpulkantugas,melakukanaktivitaslain diluar pelajaran, tidur di kelas, dan keluar kelas di jam pelajaran. Kedua.dampak dari self regulated learning dan lingkungan belajar terhadap terjadinya perilaku prokrastinasiakademiksiswadiMAN1Pamekasanadalahketikaseorangindividu mempunyai self regulated learning yang tinggi dari itu tidak sama dengan penundaan pengerjaan tugas akademik yang artinya ketika self regulated learning seseorang tinggi maka berkemungkinan kecil untuk berperilaku penundaan pengerjaan tugasakademikakantetapi ketika seorangindividu tidak memiliki self regulated learning yang tinggi atau berarti self regulated learning yang dimiliki rendah makaakanmemiliki kemungkinantinggi melakukanperilakuprokrastinasi akademik, dan ketika seorangindividu mendapatkanlingkungan belajar yangbaik maka akan mendapatkan hasil yang baik juga dalam belajar dan terhindar dari perilaku prokratinasi akademik Ketiga, upaya yangdilakukan guru BKdi MAN1 Pamekasanyaitudenganmemberikanbimbingansertamengadakansesikonseling dengansiswa yangbermasalahselainitupenelitijugamenemukanbahwaadacara lain yang dilakukan oleh guru BK untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memanggil siswa dan mengadakan sesi konseling setelah sesi konseling selesai biasanya guruBKmemintasiswauntukmembacaAl-Qur’anselama15sampai20 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:53
Last Modified: 26 Jun 2024 04:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5726

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item