Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Efikas Diri Pada Siswa Di MA Al-Qodiry Sentol”

Mutmainnah, Faridatul (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Efikas Diri Pada Siswa Di MA Al-Qodiry Sentol”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_COVER_BKPI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_HALAMAN_PENGESAHAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_ABSTRAK_BKPI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_DAFTAR_ISI_BKPI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_BAB I_BKPI.pdf

Download (716kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_BAB IV_BKPI.pdf

Download (841kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092086_DAFTAR_PUSTAKA_BKPI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
FARIDATUL MUTMAINNAH_19381092081_SURAT_KEASLIAN_ TULISAN.pdf

Download (164kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Assertive Training, Efikasi Diri. Efikasi diri adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. permasalahan efikasi diri yang terjadi di MA Al-Qodiry seperti mencontek jika mengerjakan soal yang sulit, sulit mengungkapkan pendapat dan mengatakan hal yang sejujurnya. Adapun rumusan masalah penelitian ini, Apakah layanan Bimbingan kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan efikasi Diri pada siswa di MA Al Qodiry Sentol. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training efektif untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa di MA Al-Qodiry sentol. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian design pre-experimental. Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one group pre test-post test, yaitu pengukuran di awal dan diakhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala Efikasi diri, dengan uji validitas awal sebanyak 55 item pernyataan dan hasil akhir dari validitas terdapat 26 pernyataan yang valid dan siap diberikan. Realibilitas dalam penelitian ini yaitu 0,909 > 0,06 Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis efektifitas Bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training sebesar nilai rata-rata pre-test 69,33 dan post-test 82,83, dengan selisih rata-rata skor -13,5. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon yaitu nilai signifikansi (sig.2- tailed) sebesar 0,003 < 0,05. Nilai sum of range yaitu 0 sehingga bisa dikatakan bahwa penelitian ini berhasil dan tidak ada penurunan dari nilai pretest dan posttest. Sedangkan positive range menunjukkan nilai 11 yang artinya terdapat 11 siswa mengalami peningkatan efikasi diri, nilai dari mean range sebesar 6,00 sedangkan sum of range 66,00. Disini terdapat 1 siswa yang tidak memiliki penurunan maupun peningkatan hal itu dapat dilihat dari nilai ties pada hasil uji Wilcoxon.Sehingga hipotesis dalam penelitian ini (Ha) diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training efektif untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa di MA Al-Qodiry Sentol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:53
Last Modified: 27 Jun 2024 03:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5766

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item