Mubarok, A. Khuzainol (2023) Peran Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Qori’ Dan Da’i (UKM IQDA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kaligrafi Mahasiswa IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_COVER_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (283kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_HALAMAN PERSETUJUAN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (287kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_HALAMAN PENGESAHAN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (237kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_ABSTRAK_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (157kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_DAFTAR ISI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (300kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_BAB I_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (702kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_BAB II_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_BAB III_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_BAB IV_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (519kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_BAB V_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_DAFTAR PUSTAKA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf Download (486kB) |
|
Text
A. KHUZAINOL MUBAROK_19381011088_KEASLIAN TULISAN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAMM.pdf Download (220kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode, Faktur Prndukung dan Faktor Penghambat, Peran Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Qori’ Dan Da’I (UKM IQDA). Menulis kaligrafi merupakan seni Islam yang masih sepatutnya pembelajarannyapun masih sangat cocok untuk dibahas. Dalam mengembangkan kemampuan kaligrafi tidaklah mudah, selain dari pembelajarannya yang sulit ditambah lagi dengan faktor teknoligi yang semakin berkembang dengan pesat, sehingga bagi sebagian orang pembelajaran kaligrafi seperti dipandang sebelah mata. Di indonesia banyak sekali pondok pesantren terkenal yanng menyediakan pembelajaran kaligrafi seperti di Lembaga Kaligrafi Al-Qur‟an (LEMKA), ada juga Sekolah Kaligrafi Al-Qur‟an (SAKAL) dan Pesantren Seni dan Kaligrafi AlQur‟an (PSKQ) dan masih banyak lembaga lainnya. Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian. Pertama, Metode apa yang diterapkan unit kegitan mahasiswa ikatan qori‟ dan da‟i (UKM IQDA) dalam meningkatkan kemampuan menulis kaligrafi mahasiswa IAIN Madura?. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi unit kegitan mahasiswa ikatan qori’ dan da’i (UKM IQDA) dalam meningkatkan menullis kaligrafi mahasiswa IAIN Madura?. Ketiga, Bagaimana peran unit kegitan mahasiswa ikatan qori‟ dan da‟i (UKM IQDA) dalam meningkatkan kemampuan menulis kaligrafi mahasiswa IAIN Madura? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deksriptif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Qori’ dan Da’i (UKM IQDA) IAIN Madura. Narasumber yang peneliti datangi diantaranya ketua UKM IQDA, mentor divisi kaligrafi UKM IQDA, koordinator divisi kaligrafi UKM IQDA dan anggota divisi kaligrafi UKM IQDA. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan divisi kaligrafi UKM IQDA dalam meningkatkan kemampuan menulis kaligrafi mahasiswa IAIN Madura yaitu menggunakan metode face to face dengan jenis penugasan. Faktor pendukung dalam pembelajaran divisi kaligrafi UKM IQDA yaitu, tersedianya sarana prasarana, minat belajar mahasiswa dan semanganya pembimbing dan untuk fator utama penghambatnya yaitu ada pada kemalasan anggota divisi kaligrafi dalam latihan menulis kaligrafi. Dan untuk peran UKM IQDA yakni sebagai fasilitator, dengan adanya fasilitas yang baik bisa mendukung kesuksesan pembelajaran yang dibuktikan dengan pencapain yang diperoleh oleh anggota UKM IQDA divisi kaligrafi dalam ajang lomba kaligrafi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5875 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |