Gufron, Moh. (2023) “Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Peningkatan Hafalan Nadhom Al-Miftah Di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. Moh. Gufron_19381011171_Cover_PAI..pdf Download (209kB) |
|
Text
3. Moh Gufron_19381011171_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (101kB) |
|
Text
4. Moh.Gufron_19381011171_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (166kB) |
|
Text
5. Moh. Gufron_19381011171_ Abstrak_ PAI.pdf Download (109kB) |
|
Text
6. Moh. Gufron_ 19381011171_ Daftar Isi_ PAI.pdf Download (15kB) |
|
Text
7. Moh. Gufron_19381011171_ BAB I_ PAI.pdf Download (442kB) |
|
Text
8. Moh. Gufron_ 19381011171_ BAB II_ PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
|
Text
9. Moh. Gufron_ 19381011171_ BAB III_ PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
10. Moh. Gufron_19381011171_ BAB IV_ PAI.pdf Download (790kB) |
|
Text
11. Moh. Gufron_19381011171_BAB V_ PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
12. Moh. Gufron_19381011171_DAFTAR RUJUKAN_ PAI.pdf Download (408kB) |
|
Text
2. Moh.Gufron_19381011171_Surat_Pernyataan Keaslian_PAI.pdf Download (134kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan Metode Bernyanyi, Hafalan, Nadhom Al-Miftah Hafalan Nadhom yang ada di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan merupakan hafalan yang sulit di pahami karena santri bosan dalam menghafal. Sehingga peneliti menggunakan metode bernyanyi supaya santri mudah mengingat hafalan, baik hafalan nadhom maupun hafalan lainnya, tujuannya dengan menggunakan metode bernyanyi santri lebih semangat dalam menghafalkan dan tidak bosan, mudah dalam mengingat hafalan nadhomnya dan santri dapat mengekspresikan dalam komunikasi yang menyenangkan dengan temannya dan lebih teringat dalam pikirannya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : Pertama, Bagaimana pelaksanaan Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pelajaran Nadhom Al-Miftah Di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan?. Kedua, Bagaimana keberhasilan dari Metode Bernyanyi Terhadap Santri Penghafal Nadhom Al-Miftah Di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Dalam penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomonologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Informasinya adalah kepala pondok, pengajar nadhom al-miftah, santri di pondok pesantren matsaratul huda. Sedangkan pengecehan keabsahan data dilakukan melalui perpajangan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian di atas yaitu : Nadhom al-miftah merupakan kitab nadhom yang mana didalamnya menjelaskan tentang seluruh isi yang ada di kitab Al-Miftah lil ulum jilid 1 sampai jilid 4 danberupa bahasa arab beserta artinya, danpenjelasan dengan memakai bahasa Indonesia namun ditulis dengan tulisan arab (pegon). Pelaksanaan nadhom al-miftah setiap hari pertama memuroja’ah terlebih dahulu setelah memuroja’ah ustad memberikan contoh lagu kepada santri dan diikuti para santri. Dengan menggunakan bernyanyi snatri lebih senang dalam hafalan maupun pelajarannya. Keberhasilan dari metode bernyanyi yaitu dengan nilai atau dengan diadakan lomba untuk mengetahui hasil peningkatan dengan menggunakan bernyanyi. Keberhasilan yang dilakukan ustad mendapatkan hasil yang maksimal santri merasa lebih semangat dalam menghafal karena dengan menggunakan metode bernyanyi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5960 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |