Strategi Fasilitator Dalam Mengembangkan Literasi Mahasiswa Baru Melaui Diklat Ke-MPI-an 2022 Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Madura

Yanto, Haris Imam (2023) Strategi Fasilitator Dalam Mengembangkan Literasi Mahasiswa Baru Melaui Diklat Ke-MPI-an 2022 Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_Cover_MPI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
haris imam yanto_19381041149_halaman persetujuan_MPI.pdf

Download (711kB)
[img] Text
haris imam yanto_19381041149_halaman pengesahan_MPI.pdf

Download (625kB)
[img] Text
Haris imam Yanto_19381041149_Abstrak_MPI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_BAB I_MPI.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_BAB IV_MPI-.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_BAB IV_MPI-.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_Daftar Pustaka_MPI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Haris Imam Yanto_19381041149_pernyataan keaslian tulisan_MPI.pdf

Download (609kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Fasilitator, Mengembangkan Literasi, Diklat Fasilitator sebagai seseorang yang menyediakan dan mempermudah kegiatan dalam pendidikan dan pelatihan (diklat), memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi dan memandu peserta diklat. Fasilitator dituntut untuk memiliki rancangan strategi yang mampu memberikan suasana pelatihan yang nyaman. Sehingga dalam hal ini fasilitator harus membangun kreatifitasnya dalam metode penyampaian materi yang membuat peserta bisa mengembangkan kemampuan literasinya dengan strategi yang digunakan oleh fasilitator. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu, Pertama, bagaimana rancangan strategi fasilitator dalam mengembangkan literasi mahasiswa baru melalui diklat ke-MPIan 2022 di Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Madura?. Kedua, faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi fasilitator dalam mengembangkan literasi mahasiswa baru melalui diklat ke-MPI-an 2022 di Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Madura?. Ketiga, bagaimana gambaran keberhasilan dari strategi fasilitator dalam mengembangkan literasi mahasiswa baru melalui diklat ke-MPI-an 2022 di Prodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Madura?. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah ketua HMPS MPI, fasilitator diklat, kepanitiaan diklat, dan peserta diklat. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, rancangan strategi fasilitator yaitu dengan memberikan pemahaman dengan menyampaikan materi literasi, dilanjut dengan praktik pembuatan karya tulis ilmiah berupa artikel, dan terakhir yaitu peserta maju ke depan untuk membacakan hasil dari penulisan artikel. Kedua, faktor pendukung strategi fasilitator yaitu adanya kerja sama dan pendampingan dari kepanitian, dan antusiasnya peserta dalam mengikuti kegiatan pengembangan literasi. Untuk faktor penghambatnya yaitu berupa tidak adanya proyektor sebagai media penyampaian materi, dan juga ruang kelas yang tidak memadai dan terlalu sempit. Ketiga, yaitu berupa gambaran keberhasilan dari strategi fasilitator dalam mengembangkan literasi mahasiswa baru di diklat keMPI-an 2022 yang mencakup, peserta yang mampu mempresentasikan hasil artikel yang sudah ditulis, dan juga keberhasilan dari peserta diklat ke-MPI-an 2022 yang mendapat juara 3 lomba debat yang diadakan oleh fakultas tarbiyah (dekan cup) hal ini karena kemampuan membacanya yang sudah diasah sehingga lebih kritis dan mudah memahami bacaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:28
Last Modified: 11 Jul 2024 01:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5969

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item