Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Game Monopoli Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTsN 1 Pamekasan, skripsi kuantitatif

Jinan, Rihatul (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Game Monopoli Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTsN 1 Pamekasan, skripsi kuantitatif. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. Cover_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (244kB)
[img] Text
2. Persetujuan_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3. Pengesahan_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. Abstrak_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (306kB)
[img] Text
6. Daftar Isi_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (196kB)
[img] Text
9. BAB I_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (558kB)
[img] Text
10. BAB II_Rihatul Jinan_20381012127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
11. BAB III_Rihatul Jinan_20381012127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
12. BAB IV_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (765kB)
[img] Text
13. BAB V_Rihatul Jinan_20381012127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (405kB)
[img] Text
15. SPKT_Rihatul Jinan_20381012127.pdf

Download (164kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Bermain Game Monopoli, Motivasi Belajar Metode bermain game monopoli merupakan metode pembelajaran dengan memasukkan unsur pelajaran ke dalam monopoli yang digunakan dengan cara bermain atau permainan seperti permainan monopoli untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan berbahasa peserta didik. Melalui permainan dengan menggunakan metode dalam pembelajaran dapat mendukung terciptanya rangsangan pada anak dalam berbahasa salah satunya yang diciptakan pendidik sesuai kebutuhan dan kondisi peserta didik maupun kondisi sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah pengaruh penggunaan metode bermain game monopoli untuk meningkatkan motivasi belajar SKI siswa kelas VIII MTsN 1 Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh penggunaan metode bermain game monopoli terhadap peningkatan motivasi belajar SKI siswa kelas VIII MTsN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dan teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling yaitu kelas VIII-B. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Berdasarkan hasil analisis data angket diperoleh nilai r hitung > r table yaitu 0,973 > 0,361 pada taraf signifikansi 95% dan 0,973 > 0,463 pada taraf signifikansi 99%. Sedangkan besar pengaruh tinggi dari hasil analisis r hitung 0,973 koefisisen korelasinya berada diantara 0,800 – 1,00. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) diterima dengan keterangan ada pengaruh penggunaan metode bermaian game monopoli untuk meningkatkan motivasi belajar SKI siswa kelas VIII MTsN 1 Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:46
Last Modified: 10 Jul 2024 04:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6007

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item