Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan

Hasanah, Zuhrofatul (2023) Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_Cover_PAI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_Hal Persetujuan_PAI.pdf

Download (827kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_Hal Pengesahan_PAI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_Abstrak_PAI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_BAB I_PAI.pdf

Download (629kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_BAB IV_PAI.pdf

Download (832kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012012_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Zuhrofatul Hasanah_19381012102_Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru, Keterampilan Membaca Al-Qur’an, Metode Wafa Terdapat salah satu upaya yang dilakukan oleh guru kelas dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an pada peserta didik yaitu dengan cara menerapkan metode wafa, dikarenakan metode wafa merupakan sistem dan metode pembelajaran Al-Qur’an yang sangat tepat, dimana ciri khasnya adalah memfungsikan otak kanan dengan nada hijaz dan menyajikan materi pembelajaran secara menarik dan sistematis. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana upaya guru kelas dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan? Kedua, bagaimana penerapan metode wafa di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan? Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an melalui metode wafa di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru kelas dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan, diantaranya ialah melalui kegiatan intra kurikuler, kegiatan ekstrakurikuler dan penambahan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran membaca Al-Qur’an. kedua, penerapan metode wafa di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan, diantaranya ialah: a). Persiapan, guru menyiapkan perangkat pembelajaran serta mengkondisikan kelas sebelum mulai pembelajaran. b). Pelaksanaan guru memotivasi siswa sebelum pembelajaran dimulai, selanjutnya guru mengajak siswa mendengarkan bacaan dari guru lalu siswa mengikuti bacaan guru per ayat, kemudian guru menyuruh siswa satu persatu secara bergiliran untuk membacanya kembali. c). Evaluasi yang dilakukan oleh guru dengan cara mengujikan kembali buku tilawah wafa yang telah dipelajari. ketiga, faktor pendukung dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an melalui metode Wafa di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan, diantaranya ialah antusias peserta didik dan tersedianya sumber belajar yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya ialah terdapat sebagian siswa yang jarang masuk sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:42
Last Modified: 10 Jul 2024 04:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6091

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item