ImplementasiPembelajaranAktif,Inovatif,Kreatif,Efektifdan Menyenangkanbagisiswakelas6padamatapelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar

Baidawi, Ach (2023) ImplementasiPembelajaranAktif,Inovatif,Kreatif,Efektifdan Menyenangkanbagisiswakelas6padamatapelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_Cover_PGMI.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_Abstrak_PGMI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB I_PGMI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB IV_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Ach. Baidawi_19381051105_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_PGMI.pdf

Download (253kB)

Abstract

Katakunci:ImplementasiPAIKEM,Matapelajaranfiqih. Gurumemilikiperananpalingpentingdalam sebuahprosespembelajaran.Oleh karenaitu,gurudituntutuntukpintardalam memilihsebuahmetodemaupunmodel yang akan digunakan ketika akan melaksanakan pembelajaran untuktercapainya pembelajaranyangaktif,inovatif,kreatif,efektifdanmenyenangkan.PAIKEM didesain untukmenjawabbeberapapermasalahanyangbanyakditemuiseoranggurudalam prosesbelajarmengajar.Salahsatunyamengajakkepadasiswauntukselaluaktif dalam mengikutipembelajaran,sehinggadalam dirisiswaterbentukjiwayangmandiri, kritis,dankreatif.Makadariitu,gurudituntutuntukselalukreatifdalam menentukan sebuahmetodemaupunmodeldalam sebuahprosespembelajaransesuaidengan materiyangakandisampaikandandapatdenganmudahditerimaolehsiswa. Fokuspenelitiankaliiniadalah:1)Bagaimanaimplementasimodelpembelajaran PAIKEM bagisiswakelas6padamatapelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar?,2).Apasaja kendala dan solusiimplementasimodelPAIKEM bagisiswa kelas6 pada mata pelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar?.Penelitianinitermasukpenelitiankualitatifyang menggunakanpenelitianlapangan(Fieldresearch).Subjekpadapenelitianiniadalah gurupengajarmatapelajaranfiqihdikelas6MIAl-KautsardanSiswa-Siswikelas6di MIAl-Kautsar.Adapunteknikpengumpulandatanyaadalahdenganmetodeobservasi, wawancara dan dokumentasiserta analisisyang digunakan adalah reduksidata, penyajiandanverifikasi. Berdasarkanhasilanalisisdapatditemukanbahwa:1)Implementasimodel PAIKEM dikelas6MIAl-Kautsardilaksanakandenganmetodediskusidanpemberian angket.Siswalebihbanyakaktifdangurumenjadimonitoringdalam proseskegiatan mangajar.2)Kendalayangdialamidalam prosesimplementasiPAIKEM diMIAlKautsaradalah kurangnya pemberadaan media pembelajaran sebagaipenunjang proseskegiatanbelajarmengajar.Dansolusiyangdiambilolehparaguruadalah denganmencobamembuatmediapembelajaransecaramandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:41
Last Modified: 10 Jul 2024 04:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6110

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item