Baidawi, Ach (2023) ImplementasiPembelajaranAktif,Inovatif,Kreatif,Efektifdan Menyenangkanbagisiswakelas6padamatapelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ach. Baidawi_19381051105_Cover_PGMI.pdf Download (480kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (109kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (270kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_Abstrak_PGMI.pdf Download (197kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (260kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB I_PGMI.pdf Download (285kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB IV_PGMI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (204kB) |
|
Text
Ach. Baidawi_19381051105_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_PGMI.pdf Download (253kB) |
Abstract
Katakunci:ImplementasiPAIKEM,Matapelajaranfiqih. Gurumemilikiperananpalingpentingdalam sebuahprosespembelajaran.Oleh karenaitu,gurudituntutuntukpintardalam memilihsebuahmetodemaupunmodel yang akan digunakan ketika akan melaksanakan pembelajaran untuktercapainya pembelajaranyangaktif,inovatif,kreatif,efektifdanmenyenangkan.PAIKEM didesain untukmenjawabbeberapapermasalahanyangbanyakditemuiseoranggurudalam prosesbelajarmengajar.Salahsatunyamengajakkepadasiswauntukselaluaktif dalam mengikutipembelajaran,sehinggadalam dirisiswaterbentukjiwayangmandiri, kritis,dankreatif.Makadariitu,gurudituntutuntukselalukreatifdalam menentukan sebuahmetodemaupunmodeldalam sebuahprosespembelajaransesuaidengan materiyangakandisampaikandandapatdenganmudahditerimaolehsiswa. Fokuspenelitiankaliiniadalah:1)Bagaimanaimplementasimodelpembelajaran PAIKEM bagisiswakelas6padamatapelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar?,2).Apasaja kendala dan solusiimplementasimodelPAIKEM bagisiswa kelas6 pada mata pelajaranfiqihdiMIAl-Kautsar?.Penelitianinitermasukpenelitiankualitatifyang menggunakanpenelitianlapangan(Fieldresearch).Subjekpadapenelitianiniadalah gurupengajarmatapelajaranfiqihdikelas6MIAl-KautsardanSiswa-Siswikelas6di MIAl-Kautsar.Adapunteknikpengumpulandatanyaadalahdenganmetodeobservasi, wawancara dan dokumentasiserta analisisyang digunakan adalah reduksidata, penyajiandanverifikasi. Berdasarkanhasilanalisisdapatditemukanbahwa:1)Implementasimodel PAIKEM dikelas6MIAl-Kautsardilaksanakandenganmetodediskusidanpemberian angket.Siswalebihbanyakaktifdangurumenjadimonitoringdalam proseskegiatan mangajar.2)Kendalayangdialamidalam prosesimplementasiPAIKEM diMIAlKautsaradalah kurangnya pemberadaan media pembelajaran sebagaipenunjang proseskegiatanbelajarmengajar.Dansolusiyangdiambilolehparaguruadalah denganmencobamembuatmediapembelajaransecaramandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:41 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6110 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |