Zakariya, Purnama Nurhadi (2023) penerapan Manajemen Mutu Untuk Meningkatkan Mutu SDM di SMK Negeri 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_Cover_MPI.pdf Download (187kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_Halaman Persetujuan_MPI.pdf Download (286kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_Halaman Pengesahan_MPI.pdf Download (344kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_Abstrak_MPI.pdf Download (165kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_Daftar Isi_MPI.pdf Download (166kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_BAB 1_MPI.pdf Download (640kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_BAB IV_MPI.pdf Download (532kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_Daftar Rujukan_MPI.pdf Download (383kB) |
|
Text
Purnama Nurhadi Z_19381041097_Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (364kB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen Mutu Manajemen mutu adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara sustaibele yang di jalankan secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan stakeholder. Mutu pendidikan adalah sebuah kemampuan sistem pendidikan yang berasal dari segi pengelolaan dan juga dari segi proses pendidikan itu sendiri yang diarahkan secara efektif untuk menaikkan nilai tambah input dan output sekolah. Berdasarkan penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, Bagaimana penerapan manajemen mutu untuk meningkatkan mutu SDM di SMKN 3 Pamekasan?. Kedua, Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung manajemen mutu untuk meningkatkan mutu SDM di SMKN 3 Pamekasan? Ketiga, Bagaimana evaluasi manajemen mutu untuk meningkatkan mutu SDM di SMKN 3 Pamekasan? Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari kepala sekolah, Waka kurikulum, dan Waka manajemen mutu. Tehnik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Penggunaan penelitian dengan metode kualitatif dan jenis studi kasus adalah untuk mencocokkan antara realita yang ada di lapangan dengan teori yang berlaku. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan manajemen yang baik disuatu lemabaga pendidikan Menjadi penentu banyaknya sumber daya manusia yang minat untuk masuk ke sekolah tersebut. Sekolah yang mempunya aturan manajemen mutu ISO ini sudah pasti sangat teliti dalam mencari mutu sumber daya manusi yang berkualitas dan tentunya pasti akan mengalami sebuah peningkatan. Penerapan manajemen mutu SMK Negeri 3 Pamekasan menggunakan manajemen mutu ISO 9001:2015. Kedua, Adapun faktor pendukungnya manajemen mutu untuk meningkatkan mutu SDM adalah: Sarana fisik seperti gedung, lab dan lainnya, Sarana digital dalam proses pembelajaran disekolah, Sarana finansial bantuan dari pemerintah seperti dana BOS dan BOP, Sarana lingkungan yang mendukung karena letak sekolah yang strategis. Ketiga, Evaluasi adalah suatu kegiatan yang menjadi agenda setiap satu bulan sekali. Evaluasi ini dilakukan pada saat rapat guru yang diikuti oleh kepala sekolah, waka kurikulum, waka manajemen mutu, kesiswaan, Humas, Sarana prasana, TU, Perpustakaan, BK, dan kaprok. Sedangkan eavaluasi manajemen mutu dilakukam oleh tim khusus yang bernama SQIUE.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:58 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6117 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |