Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa dengan Menggunakan Metode Reward and Punishment Siswa Kelas 3 Di SDN Polagan 3 Tahun 2022-2023,

Ferdianto, Ferdianto (2023) Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa dengan Menggunakan Metode Reward and Punishment Siswa Kelas 3 Di SDN Polagan 3 Tahun 2022-2023,. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
FERDIANTO_19381051046_COVER_PGMI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_LEMBARPERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
19381051046_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_BAB I_PGMI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_BAB IV_PGMI.pdf

Download (591kB)
[img] Text
FERDIANTO19381051046_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
FERDIANTO_19381051046_KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Kata Kunci: Sikap Sopan Santun, Reward and Punishment Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap sopan santun siswa kelas 3 SDN Polagan 3, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap sopan santun melalui penerapan metode reward and punishment siswa kelas 3 SDN Polagan 3 dan Untuk mengetahui peningkatan sikap sopan santun siswa kelas 3 SDN Polagan 3 Tahun 2022-2023 dengan menggunakan metode Rewardand Punishment. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan yaitu model PTK Kemmis & Mc Taggart, subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 3 di SDN Polagan 3, peneliti dan wali kelas 3 SDN Polagan 3 bekerjasama dalam keberhasilan meningkatkan sikap sopan santun siswa. Berdasarjan hasil penelitian yang dilaksanakan , terdapat beberapa tahapan dalam tiap-tiap siklusnya, diantaranya: 1) Tahap perencanaan yaitu kegiatan menyusun RPP yang akan dilaksanakan dalam proses penelitian, 2) Tahap pelaksanaan yaitu penerapan RPP yang sudah dirancancang pada tahap sebelumnya, 3) Tahap observasi, mengamati pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran, 4) Refleksi, hasil pengamatan dikumpulkan agar bisa mengevaluasi diri tentang proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reward and Punishment dapat meningkatkan sikap sopan santun siswa kelas 3 di SDN Polagan 3. Pada kegiatan pelaksanaan pra siklus, hasil tes sikap sopan santun secara klasikal jumlah nilai mencapai 1.425, dengan rata-rata 67. Sedangkan persentase pada tahap pra siklus yaitu 42,55% dengan kategori cukup. Pada kegiatan siklus I, hasil tes sikap sopan santun siswa secara klasikal jumlah nilai keseluruhan yaitu mencapai 1.525. dengan rata-rata 72. Sedangkan persentase ketuntasan mencapai 57,45%. Pada kegiatan siklus II, hasil tes sikap sopan santun siswa secara klasikal jumlah keseluruhan mencapai 1.735, Dengan rata-rata 82. Sedangkan persentase ketuntasan mencapai 95,61%. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya penggunaan metode Reward and Punishment dapat meningkatkan sikap sopan santun siswa kelas 3 di SDN Polagan 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:40
Last Modified: 10 Jul 2024 04:40
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6133

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item