Upaya Penggunaan Media Storyboard dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV di SDI Miftahul Qulub

Deviana, Ira (2023) Upaya Penggunaan Media Storyboard dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV di SDI Miftahul Qulub. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ira Deviana_20381052015_COVER_PGMI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_BAB 1_PGMI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_BAB IV_PGMI.pdf

Download (661kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Ira Deviana_20381052015_KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Storyboard, Hasil Belajar Salah satu kunci dari keberhasilan suatu pembelajaran ada pada tangan seorang guru yang mengajar. Tugas seorang guru tidak hanya menyampaikan materi saja, akan tetapi guru juga harus mampu meningkatkan hasil belajar siswanya dengan menggunakan berbagai macam ragam media pembelajran sehingga proses pembelajaran lebih optimal. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana perencanaan penggunaan media storyboard dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV di SDI Miftahul Qulub, kedua Bagaimana pelaksanaan penggunaan media storyboard dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV di SDI Miftahul Qulub, ketiga Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS setelah diterapkan media storyboard di SDI Miftahul Qulub. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu model penelitian yang dikembangkan di kelas. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Robin MC Taggart pada tahun 1998 yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, siklus I dan siklus II. Subjek dari penelitian ini sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama perencanaan yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu berkolaborasi dalam pembuatan RPP/ Modul Ajar, menyiapkan media, yang kedua penggunaan media storyboard, yaitu guru menjelaskan materi dengan menggunakan media storyboard, guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, guru memberikan lembar kerja peserta didik, siswa berdiskusi dan menyelesaikan tugas tersebut bersama teman kelompoknya, masingmasing kelompok menyiapkan satu orang perwakilan untuk maju kedepan kelas membacakan hasil diskusinya, guru memberikan penguatan dan kesimpulan, siswa mengerjakan tes yang diberikan oleh guru. Ketiga, hasil dari penggunaan media storyboard yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil tes pada saat pra siklus yaitu hanya 58,63, kemudian nilai rata-rata siklus I mengalami peningkatan menjadi 69.54, dan siklus II meningkat lagi menjadi 80,45.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:02
Last Modified: 10 Jul 2024 02:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6145

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item