Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI. Miftahul Ulum Rombiya Timur

Tsabit, Yi’ (2022) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI. Miftahul Ulum Rombiya Timur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a). Yi'Tsabit_19381051122_Cover_PGMI..pdf

Download (263kB)
[img] Text
c). 19381051122_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
d). YI'TSABIT _19381051122_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
e). Yi'Tsabit_19381051122_Abstrak_PGMI..pdf

Download (262kB)
[img] Text
f). Yi'Tsabit_19381051122_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (780kB)
[img] Text
g). Yi'Tsabit_19381051122_BAB I_PGMI.pdf

Download (809kB)
[img] Text
h). Yi'Tsabit_19381051122_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
i). Yi'Tsabit_19381051122_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
j). Yi'Tsabit_19381051122_BAB IV_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k). Yi'Tsabit_19381051122_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
l). Yi'Tsabit_19381051122_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (698kB)
[img] Text
b). 19381051122_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (172kB)

Abstract

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena perkembangan teknologi gadget yang sangat pesat dan hampir semua golongan masyarakat menjadi pengguna dari alat-alat teknologi jenis gadget, tak terkecuali kaum pelajar yang masih di usia sekolah dasar khususnya siswa di MI. Miftahul Ulum Rombiya Timur sudah menjadi bagian dari pengkonsumsi gadget dimana hal tersebut tentunya menjadi salah satu faktor yang berdampak dan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa di MI. Miftahul Ulum (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa MI. Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data Regresi Linier sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket penggunaan gadget. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI yang berjumlah 28 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Uji coba instrumen angket menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, linieritas, dan heterokedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Gadget terhadap prestasi belajar siswa di MI. Miftahul ulum. Hal itu diketahui berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar -3,606. thitung bernilai negatif yang artinya pengaruhnya berlawanan. Dalam konteks seperti ini thitung negatif dapat diartikan positif sehingga nilai thitung menjadi 3,606> ttabel2,056 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan nilai Sig. sebesar 0,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget memiliki pengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa di MI.Miftahul Ulum. Uji statistik regresi linier sederhana dengan menggunakan R-Square pada perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,333 yang berarti besarnya pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 33,3 % sedangkan 66,7 % prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:10
Last Modified: 09 Jul 2024 02:10
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6196

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item