Sari, Desi Utari Dewi Indah (2024) Pelaksanaan Kurikulum Madrasah Miftahul Ulum Nurul Amin Tamberu Daya Sokobanah Sampang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
1. Desi_Utari_20380012014_Cover_PAI.pdf Download (245kB) |
|
Text
2. Desi_Utari_20380012014_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (241kB) |
|
Text
3. Desi_Utari_20380012014_Pengesahan_Penguji_PAI.pdf Download (414kB) |
|
Text
4. Desi_Utari_20380012014_daftara_Isi_PAI.pdf Download (26kB) |
|
Text
5. Desi_Utari_20380012014_Abstrak_PAI.pdf Download (533kB) |
|
Text
6. Desi_Utari_20380012014_BAB_I_PAI.pdf Download (535kB) |
|
Text
7. Desi_Utari_20380012014_BAB_II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
Text
8. Desi_Utari_20380012014_BAB_III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
9. Desi_Utari_20380012014_BAB_IV_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. Desi_Utari_20380012014_BAB_V_PAI.pdf Download (308kB) |
|
Text
11. Desi_Utari_20380012014_BAB_VI_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
12. Desi_Utari_20380012014_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (377kB) |
|
Text
13. Desi_Utari_20380012014_Pernyataan_Keaslian_PAI.pdf Download (247kB) |
Abstract
Kata kunci: Pelaksanaan, Kurikulum dan Madrasah Diniyah. Pendidikan Islam yang diajarkan di lembaga atau yayasan Islam maupun di Madrasah Diniyah selalu memotivasi peserta didiknya untuk menguasai, memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama Islam sebagai bekal untuk menghadapi tantangan dan perubahan zaman sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat menyatu dengan jiwa peserta didik dan diresapi dan menjadi terbiasa dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu Madrasah Diniyah harus sangat diperhatikan sehingga pendidikan yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan tujuan yang dicita-citakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; Bagaimana pelaksanaan kurikulum di Madrasah Diniyah Nurul Amin Tamberu Daya Sokobanah Sampang dan faktor pendukung dan penghambat di Madrasah Diniyah tersebut? Untuk menjawab fokus permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi yang dipilih sebagai sasaran penelitian ialah lembaga Madrasah Diniyah Nurul Amin Tamberu Daya Sokobanah Sampang. pengumpulan data dalam penelitani ini menggunakan interview (wawancara) secara mendalam, observasi atau (pengamatan), dan dokumentasi terhadap sumber-sumber terkait. Analisis data pada saat dan setelah penelitian berlangsung menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah Diniyah Nurul Amin sebagai Madrasah ranting pondok pesantren Miftahul Ulum Panyepen melaksanakan kurikulum yang telah ditetapkan antara lain kitab, batas-batas kitab yang diajarkan, pelaksanaan ujian sesuai dengan ketentuan dari pihak pesantren dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diwajibkan bagi setiap Madrasah ranting dari pondok pesantren Miftahul Ulum Panyepen tersebut serta mengadakan program musyawarah agar dapat melaksankan kurikukulum tersebut dengan baik. Faktor penghambat dalam melaksanakan kurikulum di Madrasah Nurul Amin yaitu: 1. Kurikulum yang dirasa sulit dan pelajaran tidak mudah difahami sehingga pelajaran harus diulang hingga murid faham. 2. Berlangsungnya ujian akhir tahun yang bersamaan dengan kegiatan imtihan. Dan faktor pendukungnya yaitu: 1. adanya kegiatan musyawarah, 2. Tingkat kedisiplinan murid dan guru, 3. Dukungan wali murid dan masyarakat. Berdasarkan uraian di atas kurikulum ini sangat layak untuk dipertahankan dan dijalankan karenanya murid memiliki disiplin yang tinggi, lebih aktif dan giat belajar serta ustadz pengajar juga lebih semangat mengajar dan menuntaskan pelajaran sesuai dengan ketentuan yang ada. Kegiatan musyawarah juga juga sangat diperlukan untuk terus dilaksanakan mengingat kegiatan musyawarah tersebut sangat membantu dalam terlaksananya kurikulum dengan baik dan tuntas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:54 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:54 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6230 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |