Penerapan Teori Pembelajaran Bruner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MI Nurul Ulum I Giligenting Sumenep

Nabila, Sheila (2024) Penerapan Teori Pembelajaran Bruner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MI Nurul Ulum I Giligenting Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ SAMPUL_PGMI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ HALAMAN PERSETUJUAN_ PGMI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ HALAMAN PENGESAHAN_ PGMI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ BAB I_PGMI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ BAB IV_PGMI.pdf

Download (470kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
SHEILA NABILA_19381052064_ KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (58kB)

Abstract

Kata Kunci : Teori Bruner, Hasil Belajar, Matematika Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya rendahnya hasil belajar siswa yang merupakan salah satu permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya rendah melalui penerapan Teori Pembelajaran Bruner pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI Nurul Ulum I Giligenting Sumenep. Penelitin ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Teori Pembelajaran Bruner. Pada penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus memiliki tahapan-tahapan diantaranya : Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil analisis diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari prasiklus sebesar 17,39%, pada siklus I meningkat menjadi 65,21%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 91,30%. Kemudian dari hasil perhitungan skor N-gain diperoleh data sebesar 0,37 dengan kategori (sedang) pada siklus I dan data sebesar 0,68 dengan kategori (sedang) pada siklus II, dengan peningkatan data sebesar 0,31 dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan pemaparan data hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan Teori Pembelajaran Bruner dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Nurul Ulum I Giligenting Sumenep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:09
Last Modified: 09 Jul 2024 02:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6239

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item