Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Anak Usia Dini Kelompok B di TK Al Ihsan Omben

Rizandi, Alfin Ghifrina (2023) Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Anak Usia Dini Kelompok B di TK Al Ihsan Omben. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_ 18381062006_Cover_PIAUD.pdf.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_ 18381062006_ Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_18381062006_Lembar Pengesahan_PIAUD. pdf.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_18381062006_Abstrak_PIAUD.pdf.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_18381062006_Daftar_Isi_PIAUD.pdf.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_18381062006_BAB I_PIAUD.pdf.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_1838106206_BAB II_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_18381062006_BAB III_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_18381062006_BAB IV_PIAUD.pdf.pdf

Download (798kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_18381062006_BAB V_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_18381062006_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Alfin Ghifrina Rizandi_ 18381062006_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_ PIAUD.pdf.pdf

Download (210kB)

Abstract

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Literasi Sains Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata anak. Sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains, dalam rangka memahami serta membuat keputusan bekenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kelompok B TK Al-Ihsan Omben, guru dan anak yang masih terkadang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada anak, hal ini disebabkan faktor terbatasnya pendidik dan fasilitas yang kurang, ditemukan peneliti di kelompok B TK Al-Ihsan Omben. Berdasarkan hal tersebut ada 2 fokus dalam penelitian yakni: pertama, Untuk mengetahui Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran sains pada anak usia dini kelompok B di TK AlIhsan Omben. Kedua, Untuk mengetahui Bagaimana Kemampuan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) kelompok B di TK Al-Ihsan Omben. Jenis penelitian yang digunakan peneliti di lapangan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yang diarahkan untuk mendeksripsikan bagaimana Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran sains pada anak usia dini kelompok B di TK Al-Ihsan Omben, serta untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) kelompok B di TK Al-Ihsan Omben. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dari kepala sekolah, dan guru kelompok B TK Al-Ihsan Omben. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL ) terhadap Kemampuan Literasi Sains Anak Usia Dini Kelompok B di TK Al-Ihsan Omben sudah baik namun kurang maksimal hal ini bisa dilihat ketika Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tersebut digunakan seperti pada salah satu pembelajaran yaitu pembelajaran sains seperti pengenalan binatang dan pencampuran warna, dan sebagainya. Kemudian kendala kepala sekolah dalam mengembangkan kemampuan sains mesti banyak kendala dan kekurangan yaitu dilihat dari batasan pendidik, sarana dan prasana yang kurang memadai serta lingkungan orang tua yang kurang mendukung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:07
Last Modified: 09 Jul 2024 02:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6275

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item