Fidana, Diayanatul Awatif (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini Di Ra Sabilul Rosyad Pagagan Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_COVER_PIAUD .pdf Download (199kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_LEMBAR PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (234kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_LEMBAR PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (259kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (185kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (188kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_BAB I_PIAUD.pdf Download (332kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_BAB IV_PIAUD.pdf Download (596kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (401kB) |
|
Text
DIAYANATUL AWATIF FIDANA_19381062012_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (252kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan karakter, Kemandirian, Anak usia dini Pendidikan karakter sudah tentu penting bagi semua tingkat pendidikan yakni dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Secara umum pendidikan karakter sesungguhnya dibutuhkan semenjak anak usia dini. Pendidikan anak usia dini membutuhkan bimbingan dari guru maupun orang tua. Dalam penerapan kemandirian pada anak tentunya harus ada stimulus yang diberikan agar anak dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Salah satu kegiatan yang dapat anak bisa mandiri itu dengan cara melakukan pembiasaan dalam kegiatan sehari-harinya misalnya seperti guru mepraktekkan membuang sampah pada tempatnya lalu guru menyuruh anak untuk memperaktekan apa yang di lakukan guru agar anak bisa menumbuhkan kemandirian. Salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan karakter kemandirian anak usia dini yaitu RA Sabilul Rosyad Pagagan Pademawu Pamekasan. Penelitian ini mempunyai dua tujuan untuk dibahas. Pertama, Untuk mengetahui bentuk implementasi pendidikan karakter kemandirian pada anak di RA Sabilul Rosyad pagagan pademawu Pamekasan, Kedua, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter kemandirian anak usia dini di RA Sabilul Rosyad Pagagan Pademawu pamekasan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru di RA Sabilul Rosyad Pagagan Pademawu Pamekasan. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Adapun triangualasi yang digunakan adalah triangualasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pendidikan karakter kemandirian anak usia dini di RA Sabilul Rosyad yaitu: Dalam menanamkan pendidikan karakter dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya anak diberikan kebebasan dalam memilih kegiatan pembelajaran, membiasakan anak untuk membaca doa sebelum belajar, anak tertib ketika masuk kelas, mendidik anak untuk disiplin didalam kelas, mendidik anak usia dini dalam berpakaian, mendidik anak usia dini untuk selalu berani, mendidik anak memasang kancing baju dan pada akhirnya anak tersebut akan mengamati dan memahami yang nantinya sedikit demi sedikit proses perkembangan pendidikan karakternya mulai berkembang dengan sendirinya. Kedua Faktor pendukung dalam menanamkan pendidikan karakter kemandirian pada anak usia dini di RA Sabilul Rosyad Pademawu Pamekasan, diantaranya guru melatih anak dengan memiliki sikap rasa tanggung jawab, serta kerjasama antara guru dan wali murid yang dapat membuahkan hasil yang baik pada anak. Adapun faktor penghambat dalam menanamkan pendidikan karakter kemandirian pada anak usia dini yaitu: daya tangkap anak yang berbeda-beda, dan Kurangnya sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:07 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6282 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |