UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE KELAS V SDI AL-HIKAM PASANGGAR PEGANTENAN

HOPIPAH, INDAH (2020) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE KELAS V SDI AL-HIKAM PASANGGAR PEGANTENAN. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
indah hopipah_20160701050034_Cover_pgmi.pdf

Download (38kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_hal persetujuan_pgmi.pdf

Download (206kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_hal pengesahan_pgmi.pdf

Download (354kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_ABSTRAK_pgmi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_daftar isi_pgmi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_BAB I_pgmi.pdf

Download (130kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_BAB II_pgmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_BABIII_pgmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_BAB IV_pgmi.pdf

Download (402kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_BAB V_pgmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
indah hopipah_20160701050034_daftar pustaka_pgmi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
indah_hopipah_20160701050034_keaslian tulisan_pgmi.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Indah hopipah_20160701050034_Lampiran_pgmi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
riwayat hidup_indah hopipah_20160701050034_pgmi.pdf

Download (522kB)

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan Berbahasa (Menulis), Model Cooperatif Learning Tipe Think Pair Share Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis melalui model cooperatif lerning tipe think pair share pada siswa kelas V SDI AL-HIKAM Pasanggar Pegantenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDI AL-HIKAM Pasanggar Pegantenan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri atas 20 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi test, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi,. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperatif learning tipe think pair share dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDI AL-HIKAM Pasanggar Pegantenan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan, perhatian dan peningkatan siswa pada menulis, minat siswa selama pembelajaran, keberanian siswa memaparkan hasil tulisaannya di depan kelas. Peningkatan dapat dilihat dari skor ratarata keterampilan menulis surat undangan dari pratindakan sampai siklus II. Pada pratindakan, rata-rata siswa memperoleh skor sebesar 66,2, kemudian meningkat menjadi 71,85 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 75,9 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II sebesar 4,05 sedangkan skor ratarata kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 9,7. Karena telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 80% siswa memperoleh nilai lebih atau sama dengan KKM (70), maka penelitian ini dikatakan berhasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:43
Last Modified: 03 Feb 2021 01:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/629

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item