Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok A Melalui Metode Permainan Tebak Gambar Di TK Trisula I Pamekasan

Sari, Ayu Puspita (2023) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Di Kelompok A Melalui Metode Permainan Tebak Gambar Di TK Trisula I Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. SAMPUL ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf

Download (161kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf

Download (128kB)
[img] Text
3. halaman pengesahan ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf

Download (156kB)
[img] Text
4. ABSTRAK ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf

Download (13kB)
[img] Text
6. daftar isi ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf

Download (107kB)
[img] Text
7. BAB I PENDAHULUAN ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf

Download (541kB)
[img] Text
8. BAB II KAJIAN PUSTAKA ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
9. BAB III METODE PENELITIAN ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
10. BAB IV- PAPARAN DATA ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V PENUTUP ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
12. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
13. pernyataan keaslian tulisan ( PIAUD - 19381062021 - Ayu Puspita Sari).pdf

Download (169kB)

Abstract

Kata kunci: Perkembangan Bahasa Anak, Metode Permainan Tebak Gambar Perkembangan bahasa pada anak adalah meningkatnya kemampuan bahasa dalam berkomunikasi baik secara lisan, tertulis maupun menggunakan tanda-tanda atau isyarat dengan melakukan interaksi di kehidupan sosialnya. Sedangkan metode bermain tebak gambar adalah metode pembelajaran dalam menebak kata dan gambar dengan mendeskripsikan dan mencocokkan kata pada benda yang dijadikan objek untuk ditebak serta mampu mengembangkan imajinasi dan penghayatan pada benda tersebut. Berdasarkan hal tersebut,maka terdapat dua permasalahan pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana cara meningkatkan perkembangan bahasa anak di kelompok A melalui metode permainan tebak gambar di TK Trisula 1 Pamekasan ?. Kedua bagaimana hasil peningkatan perkembangan bahasa anak di kelompok A melalui metode permainan tebak gambar di TK Trisula 1 Pamekasan ?. Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui cara meningkatkan perkembangan bahasa pada anak di kelompok A melalui metode permainan tebak gambar di TK Trisula 1 Pamekasan. Kedua untuk mengetahui hasil peningkatan perkembangan bahasa anak di kelompok A melalui metode permainan tebak gambar di TK Trisula 1 Pamekasan. Penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: berupa tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi yang hasilnya digunakan untuk memperoleh data tentang peningkatan kemampuan bahasa pada anak. Pada penelitian tindakan kelas (PTK) terdapat 4 tahap di setiap siklusnya, diantaranya yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan adanya persiapan kegiatan pembelajaran harian yang dilakukan dalam 3 tahap, yaitu pembukaan, inti, dan penutup. Pada tahap pembukaan peneliti akan menjelaskan tentang tema hari ini. Pada tahap inti peneliti akan menyampaikan peraturan permainan tebak gambar terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan. Setelah itu peneliti akan membagi dua kelompok. Permainan tersebut di lakukan secara bergiliran, agar peneliti dapat mengetahui peningkatan pada perkembangan bahasa anak.dengan melalui metode permainan tebak. Tahap terakhir yaitu penutup peneliti akan menanyakan kembali tentang kegiatan yang telah dilakukan. Dari hasil yang telah dilakukan dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak di kelompok A dengan menggunakan metode permainan tebak gambar dapat dikatakan sudah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II. Yang dimana nilai rata-rata pada siklus I mencapai 78%. Sedangkan siklus II mencapai 88%. Peningkatan ini terjadi karena anak sangat tertarik dan merasa senang saat melakukan kegiatan permainan tebak gambar. Anak juga dapat saling berkomunikasi untuk menyampaikan pendapatnya sendiri. Selain itu juga terdapat beberapa gambar-gambar yang belum pernah dijumpai oleh anak, sehingga hal ini dapat membantu meningkatkan rasa kaingin tahuan pada anak serta membuat anak tertarik dan merasa asyik saat melakukan kegiatan tebak gambar tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:04
Last Modified: 09 Jul 2024 02:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6316

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item