Pengaruh Pemberian Penghargaan (Reward) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II di SDN Jambringin 3 Proppo Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN)

Ilham, Akbarianto (2020) Pengaruh Pemberian Penghargaan (Reward) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas II di SDN Jambringin 3 Proppo Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_Cover_PGMI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_Lembar-Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_Abstrak_PGMI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_BAB I_PGMI.pdf

Download (539kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_BAB IV_PGMI.pdf

Download (729kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PGMI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Ilham Akbarianto_20170701051025_Lampiran-Lampiran_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: reward, motivasi, belajar Pendidik diharapkan dapat memberikan rangsangan kepada peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi peserta didik. Salah satu rangsangan yaitu dengan cara pemberian penghargaan dalam pembelajaran. Motivasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting bagi siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada kelas II di SDN Jambringin 3 didapat informasi bahwasanya pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung didalam kelas menunjukkan bahwa terdapat temuan dimana interaksi guru terhadap siswa suasananya kurang begitu cair dalam proses pembelajaran yaitu tidak adanya umpan balik yang diberikan pendidik setelah siswa mampu menjawab sebuah pertanyaan yang telah pendidik berikan. Sehinga saat pembelajaran berlangsung terlihat beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru, tidak semangat dalam belajar. Artinya siswa asik bermain-main sendiri dan tidak mendengarkan disaat pembelajaran berlangsung. Dengan adanya masalah tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh pemberian penghargaan (reward) terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut ada satu permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu tentang ada tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas II di SDN Jambringin 3 Proppo Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas II di SDN Jambringin 3 Proppo Pamekasan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan True experimental design jenis posttest-only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes (post test) dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 18 siswa kelas II SDN Jambringin 3. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu 18 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik non-probability sampling (sampel tanpa acak). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan data hasil dari angket motivasi belajar siswa didapat thitung = 5,884. Sedangkan sebagai pendukung yaitu data dari hasil post test siswa didapat thitung = 7,02. Selanjutnya penulis bandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 (9 + 9 – 2 = 16 ) dengan taraf kesalahan 5% diperoleh ttabel = 2,120. Oleh karena thitung > ttabel yaitu 5,884 > 2,120 (untuk thitung dari data hasil angket motivasi belajar) dan 7,02 > 2,120 (untuk thitung dari data hasil post test) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian penghargaan (reward) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas II di SDN Jambringin 3 Proppo Pamekasan. Hal ini berarti bahwa (HO) ditolak dan (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:51
Last Modified: 18 Jul 2024 01:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/635

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item