Fitriana, Sulvi Eka (2023) penerapan permainan puzzle untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sulvi E.F_19381062041_Cover_PIAUD.pdf Download (406kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_HALAMANPERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (34kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (63kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_Abstrak_PIAUD.pdf Download (183kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_DAFTAR_ISI_PIAUD.pdf Download (390kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_BAB I_PIAUD.pdf Download (341kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_BAB IV_PIAUD.pdf Download (425kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
Sulvi E.F_19381062041_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf Download (301kB) |
|
Text
Sulvi EF_19381062041_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (81kB) |
Abstract
Kata kunci: permainan puzzle, kognitif. Permainan puzzle merupakan salah satu alat permainan edukatif yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam mengembangka aspek-aspek perkembangan anak, salah asatu aspek penting yang perlu dikembangkan yaitu aspek kognitif. Kognitif adalah kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk berpikir, penalaran, pemecahan masalah, dan kegiatan yang mengakibatkan anak memperoleh pengetahuan baru karena rasa ingin tahunya. Bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat anak belajar dalam pemecahan masalah dengan memasangkan bagian-bagian puzzle, anak juga dapat mengenal warna, bentuk, ukuran, angka, dan huruf. Maka berdasarkan hal tersebut, ada dua pembahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu pertama penerapan permainan puzzle untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan, kedua manfaat permainan puzzle dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan. Metode penelitian yang digunaka dalam penelitianm ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh disederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah untuk dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis yaitu pengelompokan, pengecekan, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan puzzle pada anak dapat menstimulasi perkembangan kognitif anak seperti mengenal warna, bentuk, ukuran, angka dan huruf, anak bisa berpikir nalar dan memecahkan masalah. Kemampuan kognitif anak berkembang menjadi lebih baik lagi dengan diterapkannya permainan puzzle pada saat proses pembelajaran di dalam kelas berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6352 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |