Problematika Dan Solusi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di RA Mawahirul Athfal Paeng Modung Bangkalan

Hasanah, Uswatun (2023) Problematika Dan Solusi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di RA Mawahirul Athfal Paeng Modung Bangkalan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Uswatun Hasanah _19381062119_Cover_PIAUD.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah _19381062119_Persetujuan_PIAUD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Uswatun Hasanah _19381062119_ Pengesahan_ PIAUD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Uswatun Hasanah_ 19381062119_ Abstrak_ PIAUD.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah _19381062119_ Daftar Isi_PIAUD.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah_ 19381062119_ BAB I_ PIAUD.pdf

Download (609kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah_ 19381062119_ BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah_ 19381062119_ BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah_ 19381062119_ BAB IV_ PIAUD.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah_ 19381062119_ BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah _19381062119_ Daftar Pustaka_PIAUD.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Uswatun Hasanah_19381062119_Keaslian Penulisan_PIAUD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Problematika, Solusi, Pembelajaran menulis huruf hijaiyah Dalam proses pembelajaran tentunya terdapat problematika yang di alami oleh Guru maupun yang di anak didik, khususnya pada pembelajaran menuis huruf hijaiyah. dan setiap problematika yang terjadi tentunya terdapat solusi yang dilakukan pleh Guru sebagai penanganannya.Agar sekolah dapat mencapai tujuan pembelajaran bengan baik. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini, yaitu : pertama bagaimana problematika pembelajaran menulis huruf hijaiyah di RA Mawahirul Athfal Paeng Modung Bangkalan, kedua bagaimana solusi pembelajaran menulis huruf hijaiyah di RA Mawahirul Athfal Paeng Modung Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu metode yang dalam tahap penelitian menggunakan analisis deskriptif. Dengan jenis penelitian lapangan. Peneliti harus turun langsung di lokasi untuk melakukan pengumpulan data. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan 2 narasumber yaitu Kepala Sekolah RA Mawahirul Athfal, Guru kelas A dan Guru kelas B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 problematika pembelajaran menulis huruf hijaiyah yaitu : 1) Kurangnya ruang atau kondisi ruang kelas yang sempit dan pengap membuat Guru Dan anak didik tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. 2) Kurangnya tenaga pengajar atau Guru pendamping di Kelas A. 3) Proses pembelajaran huruf hijaiyah tidak semudah pembelajaran meulis huruf abjad. 4) Kurangnya perhatian serta bimbingan dari orang tua yang menyebabkan anak kurang mempunyai motivasi belajar. 5) Tidak terdapat hiasan dan tempelan menarik di tembok yang membuat anak kurang semangat ketika belajar. Serta terdapat 4 solusi dari problrmatika pembelajaran menulis huruf hijaiyah yaitu : 1) Melakukan pembelajaran diluar ruangan atau secara out door serta menyiapkan pembangunan ruang kelas tambahan. 2) Menambah tenaga pengajar sebagai Guru pendamping di Kelas A. 3) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan etode pembelajaran yang menarik. 4) Mengadakan bimbingan atau parenting bersama wali murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:02
Last Modified: 09 Jul 2024 02:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6357

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item