Listiyani, Siti (2023) Pembelajaran Apresiasi Puisi Melalui Pendekatan Visualization Auditory Kinesthetic Siswa SMP Al-Gebra Ganding Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Siti Listiyani_19381072131_Cover_TBIN.pdf Download (166kB) |
|
Text
c) Siti Listiyani_19381072131_Halaman Persetujuan Pembimbing_TBIN.pdf Download (249kB) |
|
Text
d) Siti Listiyani_19381072131_Halaman Pengesahan_TBIN.pdf Download (146kB) |
|
Text
e) Siti Listiyani_19381072131_Abstrak_TBIN.pdf Download (185kB) |
|
Text
f) Siti Listiyani_19381072131_Daftar Isi_TBIN.pdf Download (95kB) |
|
Text
g) Siti Listiyani_19381072131_BAB I_TBIN.pdf Download (249kB) |
|
Text
h) Siti Listiyani_19381072131_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
i) Siti Listiyani_19381072131_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
j) Siti Listiyani_19381072131_BAB IV_TBIN.pdf Download (407kB) |
|
Text
k) Siti Listiyani_19381072131_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
l) 19381072131_Daftar Pustaka_TBIN.pdf Download (205kB) |
|
Text
b) Siti Listiyani_19381072131_Surat Keaslian Tulisan_TBIN.pdf Download (124kB) |
Abstract
Kata kunci :Pembelajaran, apresiasi puisi, Visualization Auditory Kinesthetic Apresiasi puisi berarti kegiatan positif yang berkaitan dengan puisi yaitu dengan mendengar atau membaca puisi.Dalam pembelajaran apresiasi puisi kali ini menggunakan pendekatan Visualization Auditory Kinesthetic (VAK).Gaya belajar visual berfokus pada indera penglihatan untuk lebih mudah mengerti dan memahami materi pelajaran. Auditory adalah sebuah gaya belajar yang mengandalkan pendengaran sebagai penerima informasi dan pengetahuan. Sedangkan kinesthetic merupakan gaya belajar yang melibatkan gerakan.Tujuan penelitian ini yang pertama, mendeskripsikan pembelajaran apresiasi puisi di SMP Al-Gebra Ganding Sumenep.Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran apresiasi puisi melalui pendekatan visualization auditory kinestheticSMP Al-Gebra Ganding Sumenep. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena terkait penelitian yang ada di lapangan secara alamiah dan bebas dari pengaruh orang lain atau diri peneliti sendiri. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data kepala sekolah, guru Bahasa Indonesia, pembimbing pembelajaran apresiasi puisi, dan siswa. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa meningkatkan ketekunan yang berarti melakukan pengamatan secara lebih cermat dan berkesinambungan. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa : pertama, pembelajaran apresiasi puisi di SMP Al-Gebra Ganding Sumenep tidak diwajibkan bagi seluruh siswa dan tidak pula dikhususkan pada satu kelas saja. Akan tetapi untuk siswa yang mempunyai bakat dan minat di bidang tersebut. Kedua, faktor pendukung dalam pembelajaran apresiasi puisi melalui pendekatan visualization, auditory, dan kinesthetic, terletak pada peran guru dalam pembelajaran, support dari pihan sekolah dan pesantren, sarana dan prasarana, serta semangat yang dimiliki oleh siswa. Faktor penghambat dalam pembelajaran ini adalah waktu, karakter siswa, dan kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:46 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6575 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |