Astutik, Yuli Puji (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Karya Tulis Ilmiah (KTI) Pada Siswa Kelasx MA Al-Miftah Dempo Barat Pasaen Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
COVER skrispsi yuli.pdf Download (203kB) |
|
Text
lembar pesetujuan pembimbing.pdf Download (318kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (346kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (514kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (788kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
|
Text
surat keaslian tulisan.pdf Download (433kB) |
Abstract
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karya Tulis Ilmiah (KTI) Keterampilan berbahasa pada dasarnya terdiri atas empat keterampilan, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dari keempat keterampilan tersebut keterampilan menulislah yang dianggap paling sulit dan perlu mendapat perhatian lebih. Dimana Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat kompleks, siswa tidak hanya menuangkan ide tetapi, siswa juga dituntut untuk menuangkan gagasan, konsep, perasaan, dan kemauan. Sehingga peningkatan keterampilan menulis itu harus diterapkan agar siswa bisa memahami dan juga keterampilannya dalam menulis lebih ditingkatkan lagi utamanya dalam karya tulis ilmiyah (KTI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana upaya meningkatkan keterampilan menulis Melalui karya tulis ilmiah (KTI) Pada siswa kelas X MA Al-Miftah dan juga bagaimana peningkatan keterampilan menulis karya tulis ilmiyah (KTI) siswa kelas X MA Al-Miftah.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tindak Kelas (PTK) dengan dua siklus.Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, drefleksi.Serta evaluasi.Sedangkan subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas X MA AlMiftah Dempo Barat Pasaen Pamekasan, pengumpulan data menggunakan tes tulis, wawancara, observasi, dokumentasi, dan instrument pengumpulan data menggunakan tes, lembar pengamatan yang berupa karya tulis ilmiah, adapun analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tentang keterampilan menulis melaui karya tulis ilmiah (KTI) pada siswa kelas X MA Al-miftah dari hasil proses penerapan keterampilan menulis dapat meningkatkan siswa dalam membuat karya tulis ilmiah, siswa lebih senang dan lebih antusias dalam penerapan karya tulisan ilmiah,karena hal tersebut dapat menghilangkan rasa jenuh dan bosan siswa ketika berada di dalam kelas. Penerapan keterampilan menulis melalui karya tulis ilmiah (KTI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan imajinasi siswa dalam merangkai kata demi kata, sedangkan faktor penghambat yaitu siswa kurang termotivasi dan belum ada pengembangan maupun bahan ajar dan media ajar yang dapat menarik mutivasi siswa. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang diperoleh pada pra siklussebesar 42,4, siklus I sebesar 58,6 dan pada siklus II sebesar 79,8. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari siswa pada saat pra siklus, siklus I, dan siklus II maka dapat diketahui bahwa penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti terbukti berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menulis melaui karya tulis ilmiah pada siswa kelas X MA Al-Miftah Dempo Barat Pasean Pamekasan, karena telah melebihi angka yang ditarget pada indikator keberhasilan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:44 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6598 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |