Jannah, Annas Nurul (2024) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok untuk Mereduksi Insecurity Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381092053_SAMPUL.pdf Download (191kB) |
|
Text
20381092053_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf Download (62kB) |
|
Text
20381092053_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (95kB) |
|
Text
20381092053_ABSTRAK.pdf Download (62kB) |
|
Text
20381092053_DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
|
Text
20381092053_BAB I.pdf Download (190kB) |
|
Text
20381092053_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
20381092053_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text
20381092053_BAB IV.pdf Download (362kB) |
|
Text
20381092053_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
Text
20381092053_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (159kB) |
|
Text
20381092053_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (94kB) |
Abstract
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Mereduksi, Insecurity Masa remaja adalah masa saat terjadinya transisi dari masa anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini akan terjadi perubahan fisik yang merujuk pada seksualitas serta perubahan antara kognitif dan emosional serta hormonal. Masa remaja adalah masa proses pencarian jati diri remaja mulai ingin diakui keberadaannya terutama dalam hal pergaulan sosial, akademik, dan sebagainya yang tidak jarang remaja akn memaksakan dirinya untuk memgikuti standar sosial baik gaya hidup maupun kemampuannya yang sering kali sulit untuk menjadi diri sendiri sehingga hal ini menjadi pemicu munculnya rasa tidak aman, tidak nyaman, atau insecure pada diri remaja. Insecure disini berkaitan dengan masalah psikis dimana seseorang merasa tidak nyaman dan dapat menganggap lingkungannya menjadi suatu yang tidak aman untuk dirinya yang dapat menimbulkan perasaan cemas, merasa tidak diterima, dan membuat seseorang menjadi tidak bahagia dengan hidup yang dia jalani. Penelitian Ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen karena akan dilakukan treatment kepada responden menggunakan teknik homework assignment dengan pendekatan REBT. Sumber data yang diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 responden 2 siswi perempuan dan 4 siswa laki laki dengan metode pemilihan sampelnya adalah purposive sampling yang sudah dipilih oleh guru BK SMP Negeri 1 Pamekasan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Pengujian statistic dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, dan uji hipotesis (uji Paired Sample T-test, Uji T, dan Uji Paired Samples Correlations,). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap Insecurity dengan nilai uji t yang diperoleh adalah thitung 10.000 > ttabel 2,571 dengan angka signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil rata-rata skor pre test 36,67 yang menurun menjadi 33,33 dalam rata rata skor post test dengan gain score 3,333. Dengan hasil yang tertera itu dapat menunjukkan adanya keefektifan antara layanan konseling kelompok dengan teknik homework assignment untuk menurunkan insecurity siswa. Datadata statistik tersebut menunjukkan bahwa treatment yang berupa layanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:42 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6615 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |