Imamah, Imamah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MA Sumber Bungur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012030_HALAMAN SAMPUL.pdf Download (150kB) |
|
Text
20381012030_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text
20381012030_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (73kB) |
|
Text
20381012030_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
20381012030_DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) |
|
Text
20381012030_BAB I.pdf Download (327kB) |
|
Text
20381012030_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
|
Text
20381012030_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
20381012030_BAB IV.pdf Download (643kB) |
|
Text
20381012030_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
20381012030_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (328kB) |
|
Text
20381012030_ KEASLIAN TULISAN.pdf Download (132kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik oleh guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan dua pokok permasalahan. Pertama, Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Sumber Bungur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan tahun ajaran 2023/2024. Kedua, Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Sumber Bungur Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan tahun ajaran 2023/2024 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X-B MA Sumber Bungur dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap subjek adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw. di Madinah dengan menggunaka model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan penelitian dilaksanakan sesuai dengan model PTK Kemmis&Mc. Taggart yaitu (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan Tindakan, (3) Tahap Observasi, (4) Tahap Refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti menyusun RPP serta menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pata tahap pelaksanaan tindakan, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe scramble sesuai dengan RRP yang telah dibuat sebelumnya oleh peneliti dan guru mata pelajaran. Pada Tahap Observasi, peneliti bersama guru mata pelajaran melakukan observasi terhadap aktivitas guru, siswa serta hasil belajar siswa untuk mengetaui kekurangan dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pada tahap refleksi, peneliti dan guru mata pelajaran merencanakan perbaikan untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran siklus berikutnya. Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatanyaitu pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,78 dengan ketuntasan belajar sebesar 52,17%. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,69 dengan tingkat ketuntasan sebesar 82,60%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble yaitu sebesar 30,43 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:36 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6642 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |