Sholehah, Dian Nikmatus (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012083_SAMPUL.pdf Download (206kB) |
|
Text
20381012083_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf Download (160kB) |
|
Text
20381012083_HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (173kB) |
|
Text
20381012083_ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
20381012083_DAFTAR ISI.pdf Download (396kB) |
|
Text
20381012083_BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
20381012083_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
|
Text
20381012083_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text
20381012083_BAB IV.pdf Download (809kB) |
|
Text
20381012083_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
20381012083_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
|
Text
20381012083_KEASLIHAN TULISAN .pdf Download (176kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) . Pendidikan adalah usaha untuk menjadikan manusia yang berakhlak dan menggunakan potensi yang ada dalam dirinya sebaik mungkin, dalam hal ini pemerintah setiap tahunnya menerapkan berbagai kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu kebijakan tentang proses pembelajaran salah satunya kebijakan model pembelajaran yang digunakan dalam kelas, seperti penggunaan model pembelajaran kooperatif yaitu kooperatif tipe group investigation (GI). Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua rumusan masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang; kedua, Bagaimana efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, skala, tes, catatan harian, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan untuk analisis data dari penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang siklus I memperoleh presentase 50% sedang siklus II memperoleh 80,7%, sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang. kedua, Efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada siklus I nilai presentasenya 66% (kategori baik) dan pada silus II presentasenya 86% (kategori baik sekali) sehingga dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6645 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |