Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Sampang

Sholehah, Dian Nikmatus (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381012083_SAMPUL.pdf

Download (206kB)
[img] Text
20381012083_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf

Download (160kB)
[img] Text
20381012083_HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (173kB)
[img] Text
20381012083_ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
20381012083_DAFTAR ISI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
20381012083_BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
20381012083_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
20381012083_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
20381012083_BAB IV.pdf

Download (809kB)
[img] Text
20381012083_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
20381012083_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
20381012083_KEASLIHAN TULISAN .pdf

Download (176kB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) . Pendidikan adalah usaha untuk menjadikan manusia yang berakhlak dan menggunakan potensi yang ada dalam dirinya sebaik mungkin, dalam hal ini pemerintah setiap tahunnya menerapkan berbagai kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu kebijakan tentang proses pembelajaran salah satunya kebijakan model pembelajaran yang digunakan dalam kelas, seperti penggunaan model pembelajaran kooperatif yaitu kooperatif tipe group investigation (GI). Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua rumusan masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang; kedua, Bagaimana efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, skala, tes, catatan harian, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan untuk analisis data dari penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang siklus I memperoleh presentase 50% sedang siklus II memperoleh 80,7%, sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang. kedua, Efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada siklus I nilai presentasenya 66% (kategori baik) dan pada silus II presentasenya 86% (kategori baik sekali) sehingga dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Sampang dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:34
Last Modified: 29 Aug 2024 07:34
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6645

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item