Miriyanti, Miriyanti (2024) “Telaah Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Teks Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MIRIYANTI_20381012169_COVER_PAI.pdf Download (227kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_LEMBAR PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PAI.pdf Download (19kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (410kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_ABSTRAK_PAI.pdf Download (67kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (81kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_BAB I_PAI.pdf Download (293kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_BAB IV_PAI.pdf Download (104kB) |
|
Text
MIRIYANTI_20381012169_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (108kB) |
|
Text
MIRIYANTI_2038101216_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (294kB) |
Abstract
Kata Kunci: Nilai Moderasi Beragama, Buku Teks, Akidah Akhlak Undang-undang No.3 Tahun 2017 menetapkan bahwa penyelenggara sistem perbukuan harus berdiri pada nilai-nilai kebhinekaan, kebangsaan, kebersamaan, kenusantaraan, keadilan, gotong-royong, dan kebiasaan, dan pentingnya memasukkan materi tentang nilai-nilai moderasi beragama dalam buku teks siswa. Kemudian diperkuat dengan pernyataan bahwa semua sekolah memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan materi moderasi selama pembelajaran. seperti yang dinyatakan dalam Peratuan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006. Penelitian ini didasari ketertarikan penulis terhadap buku teks akidah akhlak kelas XI madrasah aliyah, dimana pada masa ini anak-anak sedang mencari jati diri, dan pemikirannya mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain. Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama apa saja nilai-nilai moderasi beragama dalam buku teks akidah akhlak kelas XI madrasah Aliyah. Kedua bagaimana implementasi nilai moderasi beragama dalam buku teks akidah akhlak kelas XI madrasah Aliyah. Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai moderasi beragama dalam buku teks akidah akhlak kelas XI madrasah Aliyah dan bagaimana implementasi nilai moderasi beragama dalam buku teks akidah akhlak kelas XI madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data didapat melalui data primer yang merupakan Buku Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah yang diterbitkan oleh kemenag tahun 2020, dan data sekunder melalui buku-buku, jurnal, majalah, artikel, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian. Sedangkan pengecekan keabsaan data didapat melalui ketekunan pengamatan, kecukupan referensi dan triangulasi teori. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai telaah nilai-nilai moderasi beragama dalam buku teks akidah akhlak kelas XI madrasah aliyah maka dapat disimpulkan bahwa: terdapat 9 nilai moderasi beragama yaitu, tawassuth, i‟tidal, tasamuh, al-syura, qudwah, ishlah, muwathanah, la „unf, dan urf. Kemudian implementasi nilai moderasi beragama dalam buku teks tersebut dilakukan dengan dua rangkaian strategi yaitu: penyisipan (insersi), dan strategi penyisipan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:32 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6665 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |