Gunawan, Toni (2024) “Pelaksanaan Pembelajaran Praktik Shalat Siswa Tunarungu di SLB PGRI Pademawu Pamekasan”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Toni Gunawan_20381011139_Halaman Sampul_PAI.pdf Download (53kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_PERSETUJUAN PEMBIMBING_PAI.pdf Download (108kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (176kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_ABSTRAK_PAI.pdf Download (47kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_DAFTAR ISI_PAI (1).pdf Download (49kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_BAB I_PAI.pdf Download (285kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_BAB IV_PAI.pdf Download (270kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_DAFTAR PUSTAKA_PAI (1).pdf Download (174kB) |
|
Text
Toni Gunawan_20381011139_PERNYATAAN KEASLIAN_PAI.pdf Download (98kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran, Praktik Shalat, Tunarungu Setiap orang muslim yang beriman wajib melaksanakan ibadah kepada Allah sebagai bentuk penghambaan dan keimanan. Salah satu ibadah yang paling dasar dan paling utama, yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang muslim adalah ibadah shalat. Oleh karenanya pemberian pendidikan tentang pelaksanaan shalat sangat penting, termasuk pula bagi orang-orang yang berkebutuhan khusus dengan harapan mereka dapat melaksanakan shalat seperti yang dilakukan orang-orang normal lakukan. Pada penelitian ini penulis tertarik untuk mempengamati dan meneliti pembelajaran praktik shalat terhadap siswa penyandang tunarungu di SLB PGRI Pademawu Pamekasan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa siswa tunarungu memiliki kekurangan dari segi pndengerannya, yang mana hal tersebut dapat menghambat dan mengganggu aktivitas kesehariannya, sehingga mengamai tentang bagaimana mereka mempelajari sesuatu merupakan hal yang menarik. Sehingga peneliti merumuskan dua focus dalam peneltian ini, yakni bagaimana pelaksanaan pembelajaran praktik shalat terhadap siswa penyandang tunarungu di SLB PGRI Pademawu Pamekasan ?, dan bagaimana cara mengetahui hasil belajar dari pelaksanaan pembelajaran praktik shalat terhadap siswa penyandang tunarungu di SLB PGRI Pademawu Pamekasan ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah, Kepala Sekolah SLB PGRI Pademawu Pamekasan, Guru PAI di SLB PGRI Pademawu Pamekasan, serta 2 orang siswa penyandang tunarungu di SLB PGRI Pademawu Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran praktik shalat terhadap siswa penyandang tunarungu di SLB PGRI Pademawu Pamekasan dalam berkomunikasi dan menyampaikan materi menggunakan bahasa isyarat, membaca gerakan bibir, metode oral, dan tulisan, Video based learning, picture based learning dan praktik langsung yang dipimpin oleh guru. Adapun cara mengetahui hasil belajar siswa adalah dengan cara guru mengamati praktik shalat siswa dengan menentukan ketepatan dan kesesuaian gerakan shalat, guru menggunakan instrument penilaian guna memudahkannya untuk mengetahui hasil belajar siswa, hasil belajar siswa yang konkrit dapat terlihat dari kegiatan shalat berjamaah dhuha dan dzuhur yang laksanakan di SLB PGRI Pademawu Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6695 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |