Izzaty, Robiah Naresywary (2024) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di MI An Najah Pasongsongan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381052103_HALAMAN SAMPUL.pdf Download (194kB) |
|
Text
20381052103_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
20381052103_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
20381052103_ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
|
Text
20381052103_DAFTAR ISI.pdf Download (661kB) |
|
Text
20381052103_BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
20381052103_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
20381052103_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
20381052103_BAB IV.pdf Download (9MB) |
|
Text
20381052103_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
|
Text
20381052103_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
20381052103_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (240kB) |
Abstract
Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar Model pembelajaran yang masih bersifat konvensional membuat suasana belajar menjadi membosankan dan stagnan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas V di MI An Najah Pasongsongan Sumenep, 2) mendeskripsikan peningkatan yang terjadi pada hasil belajar materi IPA siswa melalui model pembelajaran quantum teaching di kelas V MI An Najah Pasongsongan Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode mixing methode melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dengan dua putaran siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI An Najah Sumenep tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. KKM untuk pembelajaran tematik kelas V MI An Najah Pasongsongan Sumenep adalah 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada pembelajaran IPA kelas V MI An Najah Pasongsongan Sumenep. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penilaian siswa pada setiap siklusnya. Prasiklus ketuntasan belajar siswa adalah 7,69 %, siklus 1 mencapai 30,76 %, dan siklus 2 mencapai 84,61 %. Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran IPA kelas V MI An Najah Pasongsongan Sumenep meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua putaran siklus. Adapun kelebihan model pembelajaran quantum teaching adalah memperjelas penyampaian materi, peserta didik mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, terciptanya suasana pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan inovatif, mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar, dapat melihat objek secara nyata, tidak terbatas ruang dan waktu, serta dapat meningkatkan hasil belajar sedangkan kekurangan dari model pembelajaran quantum teaching ini adalah dalam perencanaannya membutuhkan waktu yang cukup lama serta diperlukannya skill khusus dalam penerapannya karena terdapat berbagai elemen yang diintegrasikan menjadi satu kesatuan yang kompleks.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:22 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6730 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |